Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Appypie dan Videoscribe pada Materi Momentum dan Impuls
Main Authors: | Rivai, Achmad, Astuti, Irnin Agustina Dwi, Okyranida, Indica Yona, Asih, Dwi Aprillia Setia |
---|---|
Format: | Article info Book application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Southeast Asia Mental Health and Counseling Association
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2 https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2/7 |
ctrlnum |
article-2 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Appypie dan Videoscribe pada Materi Momentum dan Impuls</title><creator>Rivai, Achmad</creator><creator>Astuti, Irnin Agustina Dwi</creator><creator>Okyranida, Indica Yona</creator><creator>Asih, Dwi Aprillia Setia </creator><subject lang="en-US">Media Pembelajaran Berbasis Android</subject><subject lang="en-US">Pembelajaran Fisika</subject><subject lang="en-US">Appypie</subject><subject lang="en-US">Videoscribe</subject><subject lang="en-US">Physics Education</subject><description lang="en-US">Konsep fisika pada momentum dan impuls yang banyak menampilkan persamaan fisika dan abstrak memungkinkan ditampilkan secara visual degan media pembelajaran fisika berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbais android dengan menggunakan appypie dan videoscribe. Kami mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dalam studi ini. Lembar angket validasi media pembelajaran dan uji respon siswa digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan studi ini menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis android dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata total validasi sebesar 84,41 % dan uji coba respon siswa sebesar 75,33%. Media pembelajaran fisika berbasis android ini merupakan solusi alternatif pembelajaran fisika sehingga siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapanpun dan di manapun.</description><publisher lang="en-US">Southeast Asia Mental Health and Counseling Association</publisher><date>2021-04-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Book:Book</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2</identifier><identifier>10.46637/jlis.v1i1.2</identifier><source lang="en-US">Journal of Learning and Instructional Studies; Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Learning and Instructional Studies; 9-16</source><source>2776-2645</source><source>2776-2637</source><source>10.46637/jlis.v1i1</source><language>eng</language><relation>https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2/7</relation><relation>10.46637/jlis.v1i1.2.g7</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2021 Achmad Rivai, Irnin Agustina Dwi Astuti, Indica Yona Okyranida, Dwi Aprillia Setia Asih</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-2</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Book:Book Book File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Rivai, Achmad Astuti, Irnin Agustina Dwi Okyranida, Indica Yona Asih, Dwi Aprillia Setia |
title |
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Appypie dan Videoscribe pada Materi Momentum dan Impuls |
publisher |
Southeast Asia Mental Health and Counseling Association |
publishDate |
2021 |
topic |
Media Pembelajaran Berbasis Android Pembelajaran Fisika Appypie Videoscribe Physics Education |
url |
https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2 https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2/7 |
contents |
Konsep fisika pada momentum dan impuls yang banyak menampilkan persamaan fisika dan abstrak memungkinkan ditampilkan secara visual degan media pembelajaran fisika berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbais android dengan menggunakan appypie dan videoscribe. Kami mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dalam studi ini. Lembar angket validasi media pembelajaran dan uji respon siswa digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan studi ini menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis android dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata total validasi sebesar 84,41 % dan uji coba respon siswa sebesar 75,33%. Media pembelajaran fisika berbasis android ini merupakan solusi alternatif pembelajaran fisika sehingga siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapanpun dan di manapun. |
id |
IOS15529.article-2 |
institution |
Southeast Asia Mental Health and Counseling Association |
institution_id |
5226 |
institution_type |
library:special library |
library |
Official Journals |
library_id |
3993 |
collection |
Journal of Learning and Instructional Studies |
repository_id |
15529 |
subject_area |
Education of Psychology/Pendidikan Psikologi Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu Education, Research/Pendidikan Filsafat, Penelitian Filsafat dan Topik Terkait dengan Filsafat Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS15529 |
first_indexed |
2021-05-10T10:36:10Z |
last_indexed |
2021-05-10T10:36:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1699367419390197760 |
score |
17.538404 |