Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Appypie dan Videoscribe pada Materi Momentum dan Impuls

Main Authors: Rivai, Achmad, Astuti, Irnin Agustina Dwi, Okyranida, Indica Yona, Asih, Dwi Aprillia Setia
Format: Article info Book application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Southeast Asia Mental Health and Counseling Association , 2021
Subjects:
Online Access: https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2
https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2/7
ctrlnum article-2
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Appypie dan Videoscribe pada Materi Momentum dan Impuls</title><creator>Rivai, Achmad</creator><creator>Astuti, Irnin Agustina Dwi</creator><creator>Okyranida, Indica Yona</creator><creator>Asih, Dwi Aprillia Setia </creator><subject lang="en-US">Media Pembelajaran Berbasis Android</subject><subject lang="en-US">Pembelajaran Fisika</subject><subject lang="en-US">Appypie</subject><subject lang="en-US">Videoscribe</subject><subject lang="en-US">Physics Education</subject><description lang="en-US">Konsep fisika pada momentum dan impuls yang banyak menampilkan persamaan fisika dan abstrak memungkinkan ditampilkan secara visual degan media pembelajaran fisika berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbais android dengan menggunakan appypie dan videoscribe. Kami mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dalam studi ini. Lembar angket validasi media pembelajaran dan uji respon siswa digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan studi ini menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis android dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata total validasi sebesar 84,41 % dan uji coba respon siswa sebesar 75,33%. Media pembelajaran fisika berbasis android ini merupakan solusi alternatif pembelajaran fisika sehingga siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapanpun dan di manapun.</description><publisher lang="en-US">Southeast Asia Mental Health and Counseling Association</publisher><date>2021-04-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Book:Book</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2</identifier><identifier>10.46637/jlis.v1i1.2</identifier><source lang="en-US">Journal of Learning and Instructional Studies; Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Learning and Instructional Studies; 9-16</source><source>2776-2645</source><source>2776-2637</source><source>10.46637/jlis.v1i1</source><language>eng</language><relation>https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2/7</relation><relation>10.46637/jlis.v1i1.2.g7</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2021 Achmad Rivai, Irnin Agustina Dwi Astuti, Indica Yona Okyranida, Dwi Aprillia Setia Asih</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-2</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Book:Book
Book
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Rivai, Achmad
Astuti, Irnin Agustina Dwi
Okyranida, Indica Yona
Asih, Dwi Aprillia Setia
title Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan Appypie dan Videoscribe pada Materi Momentum dan Impuls
publisher Southeast Asia Mental Health and Counseling Association
publishDate 2021
topic Media Pembelajaran Berbasis Android
Pembelajaran Fisika
Appypie
Videoscribe
Physics Education
url https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2
https://jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/2/7
contents Konsep fisika pada momentum dan impuls yang banyak menampilkan persamaan fisika dan abstrak memungkinkan ditampilkan secara visual degan media pembelajaran fisika berbasis android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbais android dengan menggunakan appypie dan videoscribe. Kami mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dalam studi ini. Lembar angket validasi media pembelajaran dan uji respon siswa digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan studi ini menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis android dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata total validasi sebesar 84,41 % dan uji coba respon siswa sebesar 75,33%. Media pembelajaran fisika berbasis android ini merupakan solusi alternatif pembelajaran fisika sehingga siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapanpun dan di manapun.
id IOS15529.article-2
institution Southeast Asia Mental Health and Counseling Association
institution_id 5226
institution_type library:special
library
library Official Journals
library_id 3993
collection Journal of Learning and Instructional Studies
repository_id 15529
subject_area Education of Psychology/Pendidikan Psikologi
Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Education, Research/Pendidikan Filsafat, Penelitian Filsafat dan Topik Terkait dengan Filsafat
Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15529
first_indexed 2021-05-10T10:36:10Z
last_indexed 2021-05-10T10:36:10Z
recordtype dc
_version_ 1699367419390197760
score 17.538404