IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE MENGGUNAKAN STANDAR KUALITAS ISO-9126 (Study Kasus SMAN 11 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Wati, Yuliska
Format: Thesis PeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/868/1/8%20ABSTRAK.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/868/2/13.%20BAB1.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/868/3/18.%20DAFTAR%20PUSTSAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/868/
ctrlnum 868
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/868/</relation><title>IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE MENGGUNAKAN STANDAR KUALITAS ISO-9126&#xD; (Study Kasus : SMAN 11 BANDAR LAMPUNG</title><creator>Wati, Yuliska</creator><subject>IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI</subject><description>Pembelajaran e-learning adalah sebagai suatu proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sarana telekomunikasi (internet, intranet, ekstranet) dan multimedia (grafis, audio, video) sebagai media dalam penyampaian materi dan interaksi antara pengajar (guru) dan pembelajar (siswa). Tujuan pengembangan e-learning adalah memberi kemudahan dan membantu siswa khususnya kelas X Multimedia dalam belajar mata pelajaran multimedia produktif agar dapat meningkatkan prestasi belajar.&#xD; Metode penelitian ini adalah Waterfall ,yaitu penelitian untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Terdapat empat tahapan dalam pembuatan e-learning, meliputi (1) analisis sistem yang meliputi analis hardware, software, materi pembelajaran dan sikap siswa, (2) perancangan yang meliputi perancangan desain instruksional, media atau bahan ajar dan software yang digunakan, (3) implementasi, yaitu memproduksi dan mengembangkan e-learning agar bias digunakan, (4) evaluasi, yaitu tahap pengevaluasian dan penilaian e-learning oleh tim ahli untuk menguji kelayakan sistem. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan e-learning adalah moodle (sebuah course management system yang digunakan untuk membuat sebuah proses belajar (learning) dapat dilakukan secara online dan fleksibel), (5) pemeliharaan, yaitu tahap pemeliharan sistem yang telah di implemetasikan termasuk dalam memperbaiki kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya.&#xD; Hasil pengembangan produk e-learning dapat diakses dengan URL: http://elearningsman11.online. Dari hasil uji standar kualitas ISO 9126 pada aspek functionality didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat melakukan 100% fungsinya dengan benar. Pada aspek Usability oleh 29 siswa kelas X IPA1 dan 26 siswa X IPS 2 SMAN 11 Bandarlampung, diperoleh nilai keseluruhan sebesar 76,73% yang berarti aspek usability elearning ini layak. Dan pada aspek Reliability Persentase eror sebesar 0% sehingga persentase keberhasilan adalah sebesar 100% dan telah lolos menurut standar Telcordia yaitu lebih dari 95 %.&#xD; Berdasarkan penilaian tersebut maka e-learning yang dikembangkan sangat bermanfaat untuk digunakan bagi siswa di SMAN 11 Bandarlampung.</description><publisher>Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia</publisher><date>2018-11-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/868/1/8%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/868/2/13.%20BAB1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/868/3/18.%20DAFTAR%20PUSTSAKA.pdf</identifier><identifier> Wati, Yuliska (2018) IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE MENGGUNAKAN STANDAR KUALITAS ISO-9126 (Study Kasus : SMAN 11 BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>868</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Wati, Yuliska
title IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE MENGGUNAKAN STANDAR KUALITAS ISO-9126 (Study Kasus : SMAN 11 BANDAR LAMPUNG
title_sub SMAN 11 BANDAR LAMPUNG
publisher Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
publishDate 2018
topic IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
url http://repository.teknokrat.ac.id/868/1/8%20ABSTRAK.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/868/2/13.%20BAB1.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/868/3/18.%20DAFTAR%20PUSTSAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/868/
contents Pembelajaran e-learning adalah sebagai suatu proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sarana telekomunikasi (internet, intranet, ekstranet) dan multimedia (grafis, audio, video) sebagai media dalam penyampaian materi dan interaksi antara pengajar (guru) dan pembelajar (siswa). Tujuan pengembangan e-learning adalah memberi kemudahan dan membantu siswa khususnya kelas X Multimedia dalam belajar mata pelajaran multimedia produktif agar dapat meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian ini adalah Waterfall ,yaitu penelitian untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Terdapat empat tahapan dalam pembuatan e-learning, meliputi (1) analisis sistem yang meliputi analis hardware, software, materi pembelajaran dan sikap siswa, (2) perancangan yang meliputi perancangan desain instruksional, media atau bahan ajar dan software yang digunakan, (3) implementasi, yaitu memproduksi dan mengembangkan e-learning agar bias digunakan, (4) evaluasi, yaitu tahap pengevaluasian dan penilaian e-learning oleh tim ahli untuk menguji kelayakan sistem. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan e-learning adalah moodle (sebuah course management system yang digunakan untuk membuat sebuah proses belajar (learning) dapat dilakukan secara online dan fleksibel), (5) pemeliharaan, yaitu tahap pemeliharan sistem yang telah di implemetasikan termasuk dalam memperbaiki kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Hasil pengembangan produk e-learning dapat diakses dengan URL: http://elearningsman11.online. Dari hasil uji standar kualitas ISO 9126 pada aspek functionality didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat melakukan 100% fungsinya dengan benar. Pada aspek Usability oleh 29 siswa kelas X IPA1 dan 26 siswa X IPS 2 SMAN 11 Bandarlampung, diperoleh nilai keseluruhan sebesar 76,73% yang berarti aspek usability elearning ini layak. Dan pada aspek Reliability Persentase eror sebesar 0% sehingga persentase keberhasilan adalah sebesar 100% dan telah lolos menurut standar Telcordia yaitu lebih dari 95 %. Berdasarkan penilaian tersebut maka e-learning yang dikembangkan sangat bermanfaat untuk digunakan bagi siswa di SMAN 11 Bandarlampung.
id IOS15511.868
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:52:30Z
last_indexed 2021-05-20T04:52:30Z
recordtype dc
_version_ 1700252040238727168
score 17.538404