Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android
Main Author: | Ramadhan, Galih Fajar |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/650/1/10.%20Abstrak.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/650/2/11.%20BAB%201.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/650/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/650/ |
ctrlnum |
650 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/650/</relation><title>Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android</title><creator>Ramadhan, Galih Fajar</creator><subject>APLIKASI ANDROID</subject><subject>Games Education</subject><description>Penelitian ini memiliki tujuan untuk rnenghasilkan Game Edukasi Seni dan Budaya Nusantara yang dibuat menggunakan software Role Playing Game (RPG) Maker MV. Game ini berisi materi seni dan budaya dimana game ini digunakan sebagai media dalam mengenal dan mempelajari seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang menggunakan tahapan pengosepan, desain, pengumpulan bahan, pebuatan, pengujian, dan distribusi. Tahap pengonsepan mencakup menentukan tujuan pembuatan apliakasi serta menentukan pengguna aplikasi tersebut. Tahap desain secara rinci mengenai arsitektur proyek, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program.Tahap pengumpulan bahan yakni mengumpulkan bahan yang sesuai dengan kebutuhan yang dikerjakan. Tahap pembuatan dimana semua objek atau bahan multimedia mulai di kombinasikan. Tahap pengujian adalah untuk mengetahui adanya kesalahan atau tidak dari pembuatan dan pengujian dengan menggunakan ISO 9126. Tahap distribusi sebagai media evaluasi dalam mengembangkan sistem menjadi lebih baik. Tahap revisi dilakukan dengan memperbaiki game sesuai dengan saran para ahli. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan Iangsung terhadap user (siswa sekolah dasar). Setelah melalui beberapa tahapan di atas maka terciptalah game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar berbasis android.

Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 100%, dan siswa sebagai pengguna sebesar 81.6%. Demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar temasuk dalam kategori sebagai media pembelajaran alternatif.</description><publisher>Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia</publisher><date>2018-09-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/650/1/10.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/650/2/11.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/650/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Ramadhan, Galih Fajar (2018) Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>650</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Ramadhan, Galih Fajar |
title |
Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android |
publisher |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
publishDate |
2018 |
topic |
APLIKASI ANDROID Games Education |
url |
http://repository.teknokrat.ac.id/650/1/10.%20Abstrak.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/650/2/11.%20BAB%201.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/650/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/650/ |
contents |
Penelitian ini memiliki tujuan untuk rnenghasilkan Game Edukasi Seni dan Budaya Nusantara yang dibuat menggunakan software Role Playing Game (RPG) Maker MV. Game ini berisi materi seni dan budaya dimana game ini digunakan sebagai media dalam mengenal dan mempelajari seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang menggunakan tahapan pengosepan, desain, pengumpulan bahan, pebuatan, pengujian, dan distribusi. Tahap pengonsepan mencakup menentukan tujuan pembuatan apliakasi serta menentukan pengguna aplikasi tersebut. Tahap desain secara rinci mengenai arsitektur proyek, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program.Tahap pengumpulan bahan yakni mengumpulkan bahan yang sesuai dengan kebutuhan yang dikerjakan. Tahap pembuatan dimana semua objek atau bahan multimedia mulai di kombinasikan. Tahap pengujian adalah untuk mengetahui adanya kesalahan atau tidak dari pembuatan dan pengujian dengan menggunakan ISO 9126. Tahap distribusi sebagai media evaluasi dalam mengembangkan sistem menjadi lebih baik. Tahap revisi dilakukan dengan memperbaiki game sesuai dengan saran para ahli. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan Iangsung terhadap user (siswa sekolah dasar). Setelah melalui beberapa tahapan di atas maka terciptalah game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar berbasis android.
Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 100%, dan siswa sebagai pengguna sebesar 81.6%. Demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar temasuk dalam kategori sebagai media pembelajaran alternatif. |
id |
IOS15511.650 |
institution |
Universitas Teknokrat Indonesia |
institution_id |
1130 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
library_id |
1718 |
collection |
Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
repository_id |
15511 |
subject_area |
Repository Teknokrat Repository UTI Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS15511 |
first_indexed |
2021-05-20T04:52:24Z |
last_indexed |
2021-05-20T04:52:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700252041099608064 |
score |
17.538404 |