Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android

Main Author: Ramadhan, Galih Fajar
Format: Thesis PeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/650/1/10.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/650/2/11.%20BAB%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/650/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/650/
ctrlnum 650
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/650/</relation><title>Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android</title><creator>Ramadhan, Galih Fajar</creator><subject>APLIKASI ANDROID</subject><subject>Games Education</subject><description>Penelitian ini memiliki tujuan untuk rnenghasilkan Game Edukasi Seni dan Budaya Nusantara yang dibuat menggunakan software Role Playing Game (RPG) Maker MV. Game ini berisi materi seni dan budaya dimana game ini digunakan sebagai media dalam mengenal dan mempelajari seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar.&#xD; &#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang menggunakan tahapan pengosepan, desain, pengumpulan bahan, pebuatan, pengujian, dan distribusi. Tahap pengonsepan mencakup menentukan tujuan pembuatan apliakasi serta menentukan pengguna aplikasi tersebut. Tahap desain secara rinci mengenai arsitektur proyek, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program.Tahap pengumpulan bahan yakni mengumpulkan bahan yang sesuai dengan kebutuhan yang dikerjakan. Tahap pembuatan dimana semua objek atau bahan multimedia mulai di kombinasikan. Tahap pengujian adalah untuk mengetahui adanya kesalahan atau tidak dari pembuatan dan pengujian dengan menggunakan ISO 9126. Tahap distribusi sebagai media evaluasi dalam mengembangkan sistem menjadi lebih baik. Tahap revisi dilakukan dengan memperbaiki game sesuai dengan saran para ahli. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan Iangsung terhadap user (siswa sekolah dasar). Setelah melalui beberapa tahapan di atas maka terciptalah game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar berbasis android.&#xD; &#xD; Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 100%, dan siswa sebagai pengguna sebesar 81.6%. Demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar temasuk dalam kategori sebagai media pembelajaran alternatif.</description><publisher>Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia</publisher><date>2018-09-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/650/1/10.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/650/2/11.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/650/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Ramadhan, Galih Fajar (2018) Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>650</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Ramadhan, Galih Fajar
title Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Seni Dan Budaya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android
publisher Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
publishDate 2018
topic APLIKASI ANDROID
Games Education
url http://repository.teknokrat.ac.id/650/1/10.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/650/2/11.%20BAB%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/650/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/650/
contents Penelitian ini memiliki tujuan untuk rnenghasilkan Game Edukasi Seni dan Budaya Nusantara yang dibuat menggunakan software Role Playing Game (RPG) Maker MV. Game ini berisi materi seni dan budaya dimana game ini digunakan sebagai media dalam mengenal dan mempelajari seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang menggunakan tahapan pengosepan, desain, pengumpulan bahan, pebuatan, pengujian, dan distribusi. Tahap pengonsepan mencakup menentukan tujuan pembuatan apliakasi serta menentukan pengguna aplikasi tersebut. Tahap desain secara rinci mengenai arsitektur proyek, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program.Tahap pengumpulan bahan yakni mengumpulkan bahan yang sesuai dengan kebutuhan yang dikerjakan. Tahap pembuatan dimana semua objek atau bahan multimedia mulai di kombinasikan. Tahap pengujian adalah untuk mengetahui adanya kesalahan atau tidak dari pembuatan dan pengujian dengan menggunakan ISO 9126. Tahap distribusi sebagai media evaluasi dalam mengembangkan sistem menjadi lebih baik. Tahap revisi dilakukan dengan memperbaiki game sesuai dengan saran para ahli. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan Iangsung terhadap user (siswa sekolah dasar). Setelah melalui beberapa tahapan di atas maka terciptalah game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar berbasis android. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 100%, dan siswa sebagai pengguna sebesar 81.6%. Demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi pengenalan seni dan budaya nusantara untuk anak sekolah dasar temasuk dalam kategori sebagai media pembelajaran alternatif.
id IOS15511.650
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:52:24Z
last_indexed 2021-05-20T04:52:24Z
recordtype dc
_version_ 1700252041099608064
score 17.538404