RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BUNG TOMO BERBASIS ANDROID

Main Author: Nugroho, Bangkit Suseno
Format: Thesis PeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/636/1/10.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/636/2/11.%20Bab%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/636/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/636/
ctrlnum 636
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/636/</relation><title>RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BUNG TOMO BERBASIS ANDROID</title><creator>Nugroho, Bangkit Suseno</creator><subject>APLIKASI ANDROID</subject><subject>Games Education</subject><description>Sejarah Indonesia adalah suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau yang melibatkan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan. Pada tanggal 17 agustus 1945, Indonesia menyatakan kemerdekaannya, dalam terjadinya peristiwa kemerdekaan bangsa Indonesia melibatkan pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari berbagai kota di indonesia. Salah satunya adalah pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan tersebut adalah Sutomo atau akrab di sebut Bung Tomo. &#xD; Tujuan peneltian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi usia sekolah menegah pertama (SMP) sebagai media alternatif pembelajaran sejarah untuk meningkatkan dan memperluas pengetahuan pengguna dalam mengenal tokoh Pahlawan Nasional Bung Tomo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian yaitu kajian pustaka, populasi dan sampel. Sumber data diperoleh dari buku BUNG TOMO Pandu Garuda Yang Pantang Menyerah&#x201D;, karya Aira Kimberly. Metode pengujian yang digunakan yaitu ISO 9126 dengan aspek penilaian yaitu functionality.&#xD; Game dibangun menggunakan aplikasi construct2. Desain assets dibuat menggunakan aplikasi Adobe Illustrator CC dan Adobe Photoshop CS3. Penelitian menghasilkan game &#x201C;Pengenalan Pahlawan Nasional Bung Tomo&#x201D; yang berjalan pada platform android. Pengujian terhadap 1 aspek penilaian yaitu Functionality menghasilkan skor 100% yang mana masuk dalam kriteria &#x201C;Sangat Baik&#x201D;.</description><publisher>Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia</publisher><date>2018-12-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/636/1/10.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/636/2/11.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/636/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Nugroho, Bangkit Suseno (2018) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BUNG TOMO BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>636</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Nugroho, Bangkit Suseno
title RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BUNG TOMO BERBASIS ANDROID
publisher Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
publishDate 2018
topic APLIKASI ANDROID
Games Education
url http://repository.teknokrat.ac.id/636/1/10.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/636/2/11.%20Bab%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/636/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/636/
contents Sejarah Indonesia adalah suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau yang melibatkan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan. Pada tanggal 17 agustus 1945, Indonesia menyatakan kemerdekaannya, dalam terjadinya peristiwa kemerdekaan bangsa Indonesia melibatkan pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari berbagai kota di indonesia. Salah satunya adalah pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan tersebut adalah Sutomo atau akrab di sebut Bung Tomo. Tujuan peneltian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi usia sekolah menegah pertama (SMP) sebagai media alternatif pembelajaran sejarah untuk meningkatkan dan memperluas pengetahuan pengguna dalam mengenal tokoh Pahlawan Nasional Bung Tomo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian yaitu kajian pustaka, populasi dan sampel. Sumber data diperoleh dari buku BUNG TOMO Pandu Garuda Yang Pantang Menyerah”, karya Aira Kimberly. Metode pengujian yang digunakan yaitu ISO 9126 dengan aspek penilaian yaitu functionality. Game dibangun menggunakan aplikasi construct2. Desain assets dibuat menggunakan aplikasi Adobe Illustrator CC dan Adobe Photoshop CS3. Penelitian menghasilkan game “Pengenalan Pahlawan Nasional Bung Tomo” yang berjalan pada platform android. Pengujian terhadap 1 aspek penilaian yaitu Functionality menghasilkan skor 100% yang mana masuk dalam kriteria “Sangat Baik”.
id IOS15511.636
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:52:23Z
last_indexed 2021-05-20T04:52:23Z
recordtype dc
_version_ 1700252041147842560
score 17.538404