RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BUNG TOMO BERBASIS ANDROID
Main Author: | Nugroho, Bangkit Suseno |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/636/1/10.%20Abstrak.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/636/2/11.%20Bab%201.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/636/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/636/ |
ctrlnum |
636 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/636/</relation><title>RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BUNG TOMO BERBASIS ANDROID</title><creator>Nugroho, Bangkit Suseno</creator><subject>APLIKASI ANDROID</subject><subject>Games Education</subject><description>Sejarah Indonesia adalah suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau yang melibatkan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan. Pada tanggal 17 agustus 1945, Indonesia menyatakan kemerdekaannya, dalam terjadinya peristiwa kemerdekaan bangsa Indonesia melibatkan pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari berbagai kota di indonesia. Salah satunya adalah pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan tersebut adalah Sutomo atau akrab di sebut Bung Tomo. 
Tujuan peneltian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi usia sekolah menegah pertama (SMP) sebagai media alternatif pembelajaran sejarah untuk meningkatkan dan memperluas pengetahuan pengguna dalam mengenal tokoh Pahlawan Nasional Bung Tomo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian yaitu kajian pustaka, populasi dan sampel. Sumber data diperoleh dari buku BUNG TOMO Pandu Garuda Yang Pantang Menyerah”, karya Aira Kimberly. Metode pengujian yang digunakan yaitu ISO 9126 dengan aspek penilaian yaitu functionality.
Game dibangun menggunakan aplikasi construct2. Desain assets dibuat menggunakan aplikasi Adobe Illustrator CC dan Adobe Photoshop CS3. Penelitian menghasilkan game “Pengenalan Pahlawan Nasional Bung Tomo” yang berjalan pada platform android. Pengujian terhadap 1 aspek penilaian yaitu Functionality menghasilkan skor 100% yang mana masuk dalam kriteria “Sangat Baik”.</description><publisher>Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia</publisher><date>2018-12-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/636/1/10.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/636/2/11.%20Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/636/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Nugroho, Bangkit Suseno (2018) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BUNG TOMO BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>636</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Nugroho, Bangkit Suseno |
title |
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL BUNG TOMO BERBASIS ANDROID |
publisher |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
publishDate |
2018 |
topic |
APLIKASI ANDROID Games Education |
url |
http://repository.teknokrat.ac.id/636/1/10.%20Abstrak.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/636/2/11.%20Bab%201.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/636/3/16.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/636/ |
contents |
Sejarah Indonesia adalah suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau yang melibatkan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan. Pada tanggal 17 agustus 1945, Indonesia menyatakan kemerdekaannya, dalam terjadinya peristiwa kemerdekaan bangsa Indonesia melibatkan pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari berbagai kota di indonesia. Salah satunya adalah pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan tersebut adalah Sutomo atau akrab di sebut Bung Tomo.
Tujuan peneltian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi usia sekolah menegah pertama (SMP) sebagai media alternatif pembelajaran sejarah untuk meningkatkan dan memperluas pengetahuan pengguna dalam mengenal tokoh Pahlawan Nasional Bung Tomo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian yaitu kajian pustaka, populasi dan sampel. Sumber data diperoleh dari buku BUNG TOMO Pandu Garuda Yang Pantang Menyerah”, karya Aira Kimberly. Metode pengujian yang digunakan yaitu ISO 9126 dengan aspek penilaian yaitu functionality.
Game dibangun menggunakan aplikasi construct2. Desain assets dibuat menggunakan aplikasi Adobe Illustrator CC dan Adobe Photoshop CS3. Penelitian menghasilkan game “Pengenalan Pahlawan Nasional Bung Tomo” yang berjalan pada platform android. Pengujian terhadap 1 aspek penilaian yaitu Functionality menghasilkan skor 100% yang mana masuk dalam kriteria “Sangat Baik”. |
id |
IOS15511.636 |
institution |
Universitas Teknokrat Indonesia |
institution_id |
1130 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
library_id |
1718 |
collection |
Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
repository_id |
15511 |
subject_area |
Repository Teknokrat Repository UTI Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS15511 |
first_indexed |
2021-05-20T04:52:23Z |
last_indexed |
2021-05-20T04:52:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700252041147842560 |
score |
17.538404 |