PENERAPAN ALGORITMA KLASIFIKASI C4.5 UNTUK PREDIKSI KELANCARAN PEMBAYARAN ANGSURAN PADA PT ANDALAS CITRA INDOTAMA (CITRA KREDIT)
Main Author: | Ningsih, Puji Indah Murtia |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/569/1/Abstrak.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/569/2/Bab%201.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/569/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/569/ |
ctrlnum |
569 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/569/</relation><title>PENERAPAN ALGORITMA KLASIFIKASI C4.5
UNTUK PREDIKSI KELANCARAN PEMBAYARAN ANGSURAN
PADA PT ANDALAS CITRA INDOTAMA (CITRA KREDIT)</title><creator>Ningsih, Puji Indah Murtia</creator><subject>Algoritma</subject><description>PT Andalas Citra Indotama merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang usaha perdagangan umum dan pembiyaan dana dengan BPKB sebagai jaminannya, yang beralamatkan di Jalan RA. Kartini No 4 Tanjung Karang Bandar Lampung. Berdiri pada tanggal 5 Agustus 2013 dengan akte notaris no 11 notulis Diyana Winanti, S.H dengan surat keputusan tentang pengolahan badan hukum perseroan menteri hukum dan hak asasi manusia republik indonesia nomor.ahu-59737, ah 01. 01 tahun 2013. 
Bisnis pembiayaan dana konsumen tidak lepas dari sebuah masalah atau resiko. Jumlah konsumen bermasalah di Citra Kredit yang mengajukan pinjaman dana pada tahun 2015 sebanyak 16%, sedangakan pada tahun 2016 sebanyak 20% dan pada tahun 2017 sebanyak 17%. Hal ini menunjukkan adanya kredit yang bermasalah. Untuk memprediksi kelancaran konsumen dalam hal pembayaran diperlukan suatu metode atau teknik yang dapat mengolah data konsumen. Dari status kreditnya bisa di evaluasi dengan menggunakan data mining. Teknik data mining yang diterapkan adalah klasifikasi.
Berdasarkan hasil pengolahan menggunakan algoritma C4.5 pada data konsumen Citra Kredit, hasil komparasi antara 5 dan 6 atribut untuk prediksi kelancaran pembayaran konsumen, 5 atribut memiliki tingkat akurasi yang lebih baik 5% dibandingkan dengan 6 atribut yang bernilai 74%.</description><publisher>Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia</publisher><date>2018-12-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/569/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/569/2/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/569/3/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Ningsih, Puji Indah Murtia (2018) PENERAPAN ALGORITMA KLASIFIKASI C4.5 UNTUK PREDIKSI KELANCARAN PEMBAYARAN ANGSURAN PADA PT ANDALAS CITRA INDOTAMA (CITRA KREDIT). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>569</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Ningsih, Puji Indah Murtia |
title |
PENERAPAN ALGORITMA KLASIFIKASI C4.5
UNTUK PREDIKSI KELANCARAN PEMBAYARAN ANGSURAN
PADA PT ANDALAS CITRA INDOTAMA (CITRA KREDIT) |
publisher |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
publishDate |
2018 |
topic |
Algoritma |
url |
http://repository.teknokrat.ac.id/569/1/Abstrak.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/569/2/Bab%201.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/569/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/569/ |
contents |
PT Andalas Citra Indotama merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang usaha perdagangan umum dan pembiyaan dana dengan BPKB sebagai jaminannya, yang beralamatkan di Jalan RA. Kartini No 4 Tanjung Karang Bandar Lampung. Berdiri pada tanggal 5 Agustus 2013 dengan akte notaris no 11 notulis Diyana Winanti, S.H dengan surat keputusan tentang pengolahan badan hukum perseroan menteri hukum dan hak asasi manusia republik indonesia nomor.ahu-59737, ah 01. 01 tahun 2013.
Bisnis pembiayaan dana konsumen tidak lepas dari sebuah masalah atau resiko. Jumlah konsumen bermasalah di Citra Kredit yang mengajukan pinjaman dana pada tahun 2015 sebanyak 16%, sedangakan pada tahun 2016 sebanyak 20% dan pada tahun 2017 sebanyak 17%. Hal ini menunjukkan adanya kredit yang bermasalah. Untuk memprediksi kelancaran konsumen dalam hal pembayaran diperlukan suatu metode atau teknik yang dapat mengolah data konsumen. Dari status kreditnya bisa di evaluasi dengan menggunakan data mining. Teknik data mining yang diterapkan adalah klasifikasi.
Berdasarkan hasil pengolahan menggunakan algoritma C4.5 pada data konsumen Citra Kredit, hasil komparasi antara 5 dan 6 atribut untuk prediksi kelancaran pembayaran konsumen, 5 atribut memiliki tingkat akurasi yang lebih baik 5% dibandingkan dengan 6 atribut yang bernilai 74%. |
id |
IOS15511.569 |
institution |
Universitas Teknokrat Indonesia |
institution_id |
1130 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
library_id |
1718 |
collection |
Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
repository_id |
15511 |
subject_area |
Repository Teknokrat Repository UTI Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS15511 |
first_indexed |
2021-05-20T04:52:21Z |
last_indexed |
2021-05-20T04:52:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700252041660596224 |
score |
17.538404 |