PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE FIFO DAN LIFO BERBASIS MULTIMEDIA

Main Author: Puspita, Dwi Marta
Format: Thesis PeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Teknokrat , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/381/1/12%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/381/2/13%20BAB%20I.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/381/3/19%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/381/
ctrlnum 381
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/381/</relation><title>PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE FIFO DAN LIFO BERBASIS MULTIMEDIA</title><creator>Puspita, Dwi Marta</creator><subject>PERANCANGAN APLIKASI</subject><description>Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat. Akuntansi merupakan mata diklat produktif yang diberikan kepada siswa sekolah menengah kejuruan jurusan akuntansi. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan dengan guru di SMK Negeri 8 Bandar Lampung menyatakan bahwa ada sekitar 80% siswa yang kurang memahami materi akuntansi persediaan metode FIFO dan LIFO karena terlalu monoton dan banyak menghitung. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash pada materi persediaan akuntansi perusahaan dagang untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta membantu siswa kejuruan akuntansi dalam memahami konsep/materi persediaan perusahaan dagang menggunakan metode FIFO dan LIFO dan membuat proses memahami materi menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia 3-D yang terdiri dari 3 tahapan yang meliputi definisi (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS3 pada pokok bahasan perhitungan persediaan menggunakan metode FIFO dan LIFO yang telah dibuat termasuk dalam kriteria Layak untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran (dari penilaian ahli materi, ahli media dan siswa) memberikan ratarata penilaian 86,50%.</description><publisher>Perpustakaan Teknokrat</publisher><date>2018-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/381/1/12%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/381/2/13%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/381/3/19%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Puspita, Dwi Marta (2018) PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE FIFO DAN LIFO BERBASIS MULTIMEDIA. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesi. </identifier><recordID>381</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Puspita, Dwi Marta
title PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE FIFO DAN LIFO BERBASIS MULTIMEDIA
publisher Perpustakaan Teknokrat
publishDate 2018
topic PERANCANGAN APLIKASI
url http://repository.teknokrat.ac.id/381/1/12%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/381/2/13%20BAB%20I.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/381/3/19%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/381/
contents Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat. Akuntansi merupakan mata diklat produktif yang diberikan kepada siswa sekolah menengah kejuruan jurusan akuntansi. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan dengan guru di SMK Negeri 8 Bandar Lampung menyatakan bahwa ada sekitar 80% siswa yang kurang memahami materi akuntansi persediaan metode FIFO dan LIFO karena terlalu monoton dan banyak menghitung. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash pada materi persediaan akuntansi perusahaan dagang untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta membantu siswa kejuruan akuntansi dalam memahami konsep/materi persediaan perusahaan dagang menggunakan metode FIFO dan LIFO dan membuat proses memahami materi menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia 3-D yang terdiri dari 3 tahapan yang meliputi definisi (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS3 pada pokok bahasan perhitungan persediaan menggunakan metode FIFO dan LIFO yang telah dibuat termasuk dalam kriteria Layak untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran (dari penilaian ahli materi, ahli media dan siswa) memberikan ratarata penilaian 86,50%.
id IOS15511.381
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:52:17Z
last_indexed 2021-05-20T04:52:17Z
recordtype dc
_version_ 1700252042383065088
score 17.538404