PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISA POLA NILAI SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS: SMPN 09 Bandar Lampung)

Main Author: Arisna, Wayan Veni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/2950/1/b116311087.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2950/2/daftar_pustaka16311087.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2950/3/abstrak16311087.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2950/4/skripsi16311087.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2950/
ctrlnum 2950
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2950/</relation><title>PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISA POLA NILAI SISWA&#xD; MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5&#xD; (STUDI KASUS: SMPN 09 Bandar Lampung)</title><creator>Arisna, Wayan Veni</creator><subject>Metode Komputer</subject><description>Berdasarkan peraturan kurikulum 2013, proses penjurusan siswa baru pada&#xD; tingkat SMA mulai dilakukan saat siswa duduk dibangku kelas X(sepuluh)&#xD; dimana dalam prosesnya, siswa diberi kesempatan memilih jurusan sesuai minat,&#xD; baik itu jurusan IPA atau IPS, kemudian akan di klasifikasikan lagi keputusan&#xD; jurusannya oleh pihak sekolah dengan mempertimbangkan nilai SMP dan nilai&#xD; hasil test penjurusan. Oleh karena itu siswa kelas IX(sembilan) yang saat ini&#xD; sedang menempuh jenjang pendidikan SMP sudah pasti akan dihadapkan dengan&#xD; masalah pemilihan jurusan yang akan diambil.&#xD; SMP Negeri 09 Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan&#xD; yang memiliki data nilai siswa melimpah yang berpotensi untuk menghasilkan&#xD; pengetahuan baru jika diolah. Penggunaan data mining menjadi salah satu cara&#xD; untuk mengolah data nilai siswa yang melimpah sehingga menghasilkan informasi&#xD; yang tepat dan berkualitas. Penulis memilih teknik klasifikasi untuk dijadikan&#xD; sebagai solusi karena, teknik ini merupakan teknik yang paling tepat untuk&#xD; digunakan dalam menganalisa pola nilai siswa.&#xD; Berdasarkan hasil visualisasi decision tree yang terbentuk dari pengolahan&#xD; data nilai siswa, teknik klasifikasi dengan penerapan algoritma C4.5&#xD; menggunakan Tools WEKA memiliki kinerja yang cukup baik dalam menganalisa&#xD; pola nilai siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan akurasi yang&#xD; mencapai 0,6319 atau sebesar 63,19%.&#xD; Kata Kunci: Data Mining, Klasifikasi, C4.5, WEKA, Pola Nilai</description><date>2020-09-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2950/1/b116311087.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2950/2/daftar_pustaka16311087.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2950/3/abstrak16311087.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2950/4/skripsi16311087.pdf</identifier><identifier> Arisna, Wayan Veni (2020) PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISA POLA NILAI SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS: SMPN 09 Bandar Lampung). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2950</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Arisna, Wayan Veni
title PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISA POLA NILAI SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS: SMPN 09 Bandar Lampung)
publishDate 2020
topic Metode Komputer
url http://repository.teknokrat.ac.id/2950/1/b116311087.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2950/2/daftar_pustaka16311087.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2950/3/abstrak16311087.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2950/4/skripsi16311087.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2950/
contents Berdasarkan peraturan kurikulum 2013, proses penjurusan siswa baru pada tingkat SMA mulai dilakukan saat siswa duduk dibangku kelas X(sepuluh) dimana dalam prosesnya, siswa diberi kesempatan memilih jurusan sesuai minat, baik itu jurusan IPA atau IPS, kemudian akan di klasifikasikan lagi keputusan jurusannya oleh pihak sekolah dengan mempertimbangkan nilai SMP dan nilai hasil test penjurusan. Oleh karena itu siswa kelas IX(sembilan) yang saat ini sedang menempuh jenjang pendidikan SMP sudah pasti akan dihadapkan dengan masalah pemilihan jurusan yang akan diambil. SMP Negeri 09 Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki data nilai siswa melimpah yang berpotensi untuk menghasilkan pengetahuan baru jika diolah. Penggunaan data mining menjadi salah satu cara untuk mengolah data nilai siswa yang melimpah sehingga menghasilkan informasi yang tepat dan berkualitas. Penulis memilih teknik klasifikasi untuk dijadikan sebagai solusi karena, teknik ini merupakan teknik yang paling tepat untuk digunakan dalam menganalisa pola nilai siswa. Berdasarkan hasil visualisasi decision tree yang terbentuk dari pengolahan data nilai siswa, teknik klasifikasi dengan penerapan algoritma C4.5 menggunakan Tools WEKA memiliki kinerja yang cukup baik dalam menganalisa pola nilai siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan akurasi yang mencapai 0,6319 atau sebesar 63,19%. Kata Kunci: Data Mining, Klasifikasi, C4.5, WEKA, Pola Nilai
id IOS15511.2950
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:53:20Z
last_indexed 2021-05-20T04:53:20Z
recordtype dc
_version_ 1700252032230752256
score 17.538404