PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK (Studi Kasus: Dayspeed Computer)

Main Author: Hartini, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/2946/1/b116311003.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/2/daftar_pustaka16311003.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/3/abstrak16311003.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/4/skripsi16311003.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/
ctrlnum 2946
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/</relation><title>PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA&#xD; APRIORI UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK&#xD; (Studi Kasus: Dayspeed Computer)</title><creator>Hartini, Tri</creator><subject>Metode Komputer</subject><description>Algoritma Apriori adalah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif&#xD; antara suatu kombinasi item. Penelitian ini bertujuan untuk mencari frekuensi&#xD; kombinasi barang yang banyak terjual sehingga dapat menentukan strategi&#xD; penjualan dengan memberikan rekomendasi promosi produk yang akan&#xD; disediakan perusahaan. Masalah yang dihadapi Dayspeed Computer adalah&#xD; kurang memahami kebutuhan dan kebiasaan berbelanja pelanggan, sementara itu&#xD; salah satu kebiasaan berbelanja pelanggan yang perlu diketahui adalah barang apa&#xD; saja yang sering dibeli bersamaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka&#xD; akan diterapkan data mining menggunakan Algoritma Apriori untuk menemukan&#xD; kombinasi item yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan. Penelitian ini&#xD; menerapkan minimal support 8% atau 9% dan minimal confidence 70% dengan&#xD; akurasi 69% dan menghasilkan 12 rules produk yang sering dibeli bersamaan&#xD; yang akan digunakan untuk memberikan rekomendasi promosi produk kepada&#xD; perusahaan.&#xD; Kata kunci : Algoritma Apriori, data mining, rekomendasi promosi, Penjualan,&#xD; Rapidminer</description><date>2020-09-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/1/b116311003.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/2/daftar_pustaka16311003.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/3/abstrak16311003.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/4/skripsi16311003.pdf</identifier><identifier> Hartini, Tri (2020) PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK (Studi Kasus: Dayspeed Computer). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2946</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Hartini, Tri
title PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK (Studi Kasus: Dayspeed Computer)
publishDate 2020
topic Metode Komputer
url http://repository.teknokrat.ac.id/2946/1/b116311003.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/2/daftar_pustaka16311003.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/3/abstrak16311003.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/4/skripsi16311003.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/
contents Algoritma Apriori adalah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item. Penelitian ini bertujuan untuk mencari frekuensi kombinasi barang yang banyak terjual sehingga dapat menentukan strategi penjualan dengan memberikan rekomendasi promosi produk yang akan disediakan perusahaan. Masalah yang dihadapi Dayspeed Computer adalah kurang memahami kebutuhan dan kebiasaan berbelanja pelanggan, sementara itu salah satu kebiasaan berbelanja pelanggan yang perlu diketahui adalah barang apa saja yang sering dibeli bersamaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka akan diterapkan data mining menggunakan Algoritma Apriori untuk menemukan kombinasi item yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan. Penelitian ini menerapkan minimal support 8% atau 9% dan minimal confidence 70% dengan akurasi 69% dan menghasilkan 12 rules produk yang sering dibeli bersamaan yang akan digunakan untuk memberikan rekomendasi promosi produk kepada perusahaan. Kata kunci : Algoritma Apriori, data mining, rekomendasi promosi, Penjualan, Rapidminer
id IOS15511.2946
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:53:19Z
last_indexed 2021-05-20T04:53:19Z
recordtype dc
_version_ 1700252032245432320
score 17.538404