PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK (Studi Kasus: Dayspeed Computer)
Main Author: | Hartini, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/1/b116311003.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2946/2/daftar_pustaka16311003.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2946/3/abstrak16311003.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2946/4/skripsi16311003.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2946/ |
ctrlnum |
2946 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/</relation><title>PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA
APRIORI UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK
(Studi Kasus: Dayspeed Computer)</title><creator>Hartini, Tri</creator><subject>Metode Komputer</subject><description>Algoritma Apriori adalah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif
antara suatu kombinasi item. Penelitian ini bertujuan untuk mencari frekuensi
kombinasi barang yang banyak terjual sehingga dapat menentukan strategi
penjualan dengan memberikan rekomendasi promosi produk yang akan
disediakan perusahaan. Masalah yang dihadapi Dayspeed Computer adalah
kurang memahami kebutuhan dan kebiasaan berbelanja pelanggan, sementara itu
salah satu kebiasaan berbelanja pelanggan yang perlu diketahui adalah barang apa
saja yang sering dibeli bersamaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka
akan diterapkan data mining menggunakan Algoritma Apriori untuk menemukan
kombinasi item yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan. Penelitian ini
menerapkan minimal support 8% atau 9% dan minimal confidence 70% dengan
akurasi 69% dan menghasilkan 12 rules produk yang sering dibeli bersamaan
yang akan digunakan untuk memberikan rekomendasi promosi produk kepada
perusahaan.
Kata kunci : Algoritma Apriori, data mining, rekomendasi promosi, Penjualan,
Rapidminer</description><date>2020-09-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/1/b116311003.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/2/daftar_pustaka16311003.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/3/abstrak16311003.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2946/4/skripsi16311003.pdf</identifier><identifier> Hartini, Tri (2020) PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK (Studi Kasus: Dayspeed Computer). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2946</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Hartini, Tri |
title |
PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA
APRIORI UNTUK REKOMENDASI PROMOSI PRODUK
(Studi Kasus: Dayspeed Computer) |
publishDate |
2020 |
topic |
Metode Komputer |
url |
http://repository.teknokrat.ac.id/2946/1/b116311003.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2946/2/daftar_pustaka16311003.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2946/3/abstrak16311003.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2946/4/skripsi16311003.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2946/ |
contents |
Algoritma Apriori adalah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif
antara suatu kombinasi item. Penelitian ini bertujuan untuk mencari frekuensi
kombinasi barang yang banyak terjual sehingga dapat menentukan strategi
penjualan dengan memberikan rekomendasi promosi produk yang akan
disediakan perusahaan. Masalah yang dihadapi Dayspeed Computer adalah
kurang memahami kebutuhan dan kebiasaan berbelanja pelanggan, sementara itu
salah satu kebiasaan berbelanja pelanggan yang perlu diketahui adalah barang apa
saja yang sering dibeli bersamaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka
akan diterapkan data mining menggunakan Algoritma Apriori untuk menemukan
kombinasi item yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan. Penelitian ini
menerapkan minimal support 8% atau 9% dan minimal confidence 70% dengan
akurasi 69% dan menghasilkan 12 rules produk yang sering dibeli bersamaan
yang akan digunakan untuk memberikan rekomendasi promosi produk kepada
perusahaan.
Kata kunci : Algoritma Apriori, data mining, rekomendasi promosi, Penjualan,
Rapidminer |
id |
IOS15511.2946 |
institution |
Universitas Teknokrat Indonesia |
institution_id |
1130 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
library_id |
1718 |
collection |
Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
repository_id |
15511 |
subject_area |
Repository Teknokrat Repository UTI Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS15511 |
first_indexed |
2021-05-20T04:53:19Z |
last_indexed |
2021-05-20T04:53:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700252032245432320 |
score |
17.538404 |