LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA PT TELKOM INDONESIA Tbk KANTOR NETWORK AREA TANJUNG KARANG PUSAT

Main Authors: Roni, Agus Rahmat, Paksi, Muhammad Ridho
Format: Monograph NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/2621/1/7.BAB%20I.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2621/2/12.daftar%20pusaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2621/3/6.ringkasan%20pelaksanaan%20pkl.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2621/4/Laporan_gabungan.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2621/
Daftar Isi:
  • Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian atau ketrampilan baik softskill atau hardskill yang sudah diperoleh selama perkuliahan, diterapkan di suatu perusahaan atau instansi selama beberapa bulan. Pada laporan PKL ini, disajikan beberapa kegiatan pelaksanaan kerja, temuan kendala atau masalah dan usulan solusi terhadap kendala atau masalah yang dihadapi di perusahaan PT Telkom Indonesia Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung selama 2 bulan yaitu pada bulan April dan juni 2018. Penempatan PKL pada perusahaan ini dibagi di beberapa divisi dengan bidang kerja yang berbeda. Pelaksanaan kerja pada divisi Jaringan dan Komunikasi Data yang dilakukan secara rutin adalah memantau kondisi realtime komunikasi data dan jaringan telekomunikasi di area Bandarlampung, bila terjadi gangguan ada prosedur yang harus dijalankan untuk menyelesaikan gangguan tersebut. Pada divisi Pelayanan kepuasan user ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan diantaranya memastikan bahwa setiap user Telkom yang terhubung dengan jaringan LAN dapat menjelaskan keluhannya terhadap komputer atau printer yang mereka kurang paham dalam menjalankannya, kemudian kami akan menjawab keluhan tersebut dengan melakukan remote jarak jauh tanpa harus datang ketempat user berada dengan menggunakan aplikasi VNC Viewer atau Remote Desktop Connection. Prosedur penanganan gangguan pada divisi jaringan dan komunikasi data perlu ditingkatkan sosialisasinya, supaya bila ada yang belum tau atau karyawan baru bisa dengan mudah mempelajarinya. Kemudahan akses pada buku manual prosedur gangguan dapat dilakukan bilamana dikemas dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat dipelajari kapan dan dimana saja. Akan memudahkan lagi jika proses remote dilakukan dengan menggunakan jaringan internet bagi user yang berada jauh dari kantor Telkom Indonesia, yang selama ini masih menggunakan jaringan LAN untuk melakukan remote. Kata Kuci : PKL, Telkom, komunikasi data.