LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI LAMPUNG

Main Authors: Iknawan, Alal, Yunisa, Tania, Sekarsari, Marisa
Format: Monograph NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/2578/1/9.%20RINGKASAN%20PELAKSANAAN%20PKL.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2578/2/10.%20BAB%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2578/3/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2578/4/LAPORAN%20PKL%20LENGKAP.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2578/
Daftar Isi:
  • Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian baik softskill atau hardskill yang sudah diperoleh selama perkuliahan, kegiatan PKL diterapkan di sebuah perusahaan selama beberapa bulan, penulis melaksanakan PKL di kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Lampung selama ± 2 bulan yaitu 09 Juli 2018 sampai dengan 31 Agustus 2018. Penempatan PKL pada perusahaan ini dibagi pada dua bagian yaitu bagian layanan dan bagian pengolahan. Kegiatan pada bagian layananya itu melayani kegiatan pinjam meminjam buku yang ada di perpustakaan, dan melayani mengenai segala macam informasi yang berkaitan dengan perpustakaan. Sedangkan kegiatan pada bagian pengolahan yaitu memasukan data buku baru pada sistem INLIS (Integrated Library System), mencetak kartu pinjam, mencetak barcode, memperbaharui cover buku sampai dengan buku dikirmkan ke bagian pelayanan. Dalam pelaksanaan PKL penulis menemukan beberapa masalah yang kemudian diusulkan beberapa saran untuk menangani masalah tersebut. Pada Bagian Pengolahan sebaiknya agar menyatukan sistem nomor induk kedalam sistem INLIS agar proses pengolahan dalam memasukan data buku baru dengan jumlah banyak tidak memakan waktu yang lama. Pada bagian layanan sebaiknya agar membuat laporan mengenai pelanggaran dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel agar ketika bendahara (Bagian Keuangan) dapat memeriksa data pelanggaran dengan bijak.