PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR TARI BEDANA
Main Author: | Oktavian, Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/2335/1/13.%20Abstrak.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2335/2/14.%20BAB%201.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2335/3/20.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2335/ |
ctrlnum |
2335 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2335/</relation><title>PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS
ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR
TARI BEDANA</title><creator>Oktavian, Rizki</creator><subject>PROGRAM KOMPUTER</subject><subject>SYSTEMS KOMPUTER</subject><description>Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan tarian
tradisional. Animo anak-anak muda di Lampung sendiri masih terbilang tinggi
untuk mempelajari tarian tradisional melalui sanggar-sanggar tari yang ada. Salah
satu tarian tradisional Lampung yang paling sering dibawakan dalam acara-acara
tertentu ialah tari bedana. Namun untuk dapat mempelajari gerakan dasar tari
bedana tersebut, satu-satunya media ialah melalui pelatih tari, baik secara privat,
disekolah maupun melalui sanggar tari. Sehingga proses latihan sangat dibatasi
oleh waktu dan tempat. Untuk itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang
dapat digunakan untuk membantu masyarakat umum di Provinsi Lampung
khususnya penari pemula dalam mempelajari gerakan dasar tari bedana yang
dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Media pembelajaran ini berbasis android
dan menerapkan teknologi Augmented Reality, sehingga gerakan yang dipergakan
oleh karakter 3D dapat terlihat jelas dari segala sisi.
Berdasarkan hasil pengujian terhadap media pembelajaran gerak dasar
tari bedana menggunakan metode technology acceptance model (TAM) terhadap
25 responden, maka didapatkan hasil 88% untuk persepsi kemudahan
penggunaan yang berarti berada pada kategori “sangat puas”, 86% untuk persepsi
kegunaan dengan kategori “sangat puas”, 85% untuk persepsi intensi dengan
kategori “sangat puas”, dan 82% untuk persepsi penggunaan sesungguhnya
dengan kategori “sangat puas”.</description><date>2019-11-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2335/1/13.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2335/2/14.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2335/3/20.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Oktavian, Rizki (2019) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR TARI BEDANA. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2335</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Oktavian, Rizki |
title |
PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS
ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR
TARI BEDANA |
publishDate |
2019 |
topic |
PROGRAM KOMPUTER SYSTEMS KOMPUTER |
url |
http://repository.teknokrat.ac.id/2335/1/13.%20Abstrak.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2335/2/14.%20BAB%201.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2335/3/20.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/2335/ |
contents |
Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan tarian
tradisional. Animo anak-anak muda di Lampung sendiri masih terbilang tinggi
untuk mempelajari tarian tradisional melalui sanggar-sanggar tari yang ada. Salah
satu tarian tradisional Lampung yang paling sering dibawakan dalam acara-acara
tertentu ialah tari bedana. Namun untuk dapat mempelajari gerakan dasar tari
bedana tersebut, satu-satunya media ialah melalui pelatih tari, baik secara privat,
disekolah maupun melalui sanggar tari. Sehingga proses latihan sangat dibatasi
oleh waktu dan tempat. Untuk itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang
dapat digunakan untuk membantu masyarakat umum di Provinsi Lampung
khususnya penari pemula dalam mempelajari gerakan dasar tari bedana yang
dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Media pembelajaran ini berbasis android
dan menerapkan teknologi Augmented Reality, sehingga gerakan yang dipergakan
oleh karakter 3D dapat terlihat jelas dari segala sisi.
Berdasarkan hasil pengujian terhadap media pembelajaran gerak dasar
tari bedana menggunakan metode technology acceptance model (TAM) terhadap
25 responden, maka didapatkan hasil 88% untuk persepsi kemudahan
penggunaan yang berarti berada pada kategori “sangat puas”, 86% untuk persepsi
kegunaan dengan kategori “sangat puas”, 85% untuk persepsi intensi dengan
kategori “sangat puas”, dan 82% untuk persepsi penggunaan sesungguhnya
dengan kategori “sangat puas”. |
id |
IOS15511.2335 |
institution |
Universitas Teknokrat Indonesia |
institution_id |
1130 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
library_id |
1718 |
collection |
Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
repository_id |
15511 |
subject_area |
Repository Teknokrat Repository UTI Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS15511 |
first_indexed |
2021-05-20T04:53:05Z |
last_indexed |
2021-05-20T04:53:05Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1700252027566686208 |
score |
17.538404 |