PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR TARI BEDANA

Main Author: Oktavian, Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/2335/1/13.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2335/2/14.%20BAB%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2335/3/20.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2335/
ctrlnum 2335
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/2335/</relation><title>PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS&#xD; ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR&#xD; TARI BEDANA</title><creator>Oktavian, Rizki</creator><subject>PROGRAM KOMPUTER</subject><subject>SYSTEMS KOMPUTER</subject><description>Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan tarian&#xD; tradisional. Animo anak-anak muda di Lampung sendiri masih terbilang tinggi&#xD; untuk mempelajari tarian tradisional melalui sanggar-sanggar tari yang ada. Salah&#xD; satu tarian tradisional Lampung yang paling sering dibawakan dalam acara-acara&#xD; tertentu ialah tari bedana. Namun untuk dapat mempelajari gerakan dasar tari&#xD; bedana tersebut, satu-satunya media ialah melalui pelatih tari, baik secara privat,&#xD; disekolah maupun melalui sanggar tari. Sehingga proses latihan sangat dibatasi&#xD; oleh waktu dan tempat. Untuk itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang&#xD; dapat digunakan untuk membantu masyarakat umum di Provinsi Lampung&#xD; khususnya penari pemula dalam mempelajari gerakan dasar tari bedana yang&#xD; dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Media pembelajaran ini berbasis android&#xD; dan menerapkan teknologi Augmented Reality, sehingga gerakan yang dipergakan&#xD; oleh karakter 3D dapat terlihat jelas dari segala sisi.&#xD; Berdasarkan hasil pengujian terhadap media pembelajaran gerak dasar&#xD; tari bedana menggunakan metode technology acceptance model (TAM) terhadap&#xD; 25 responden, maka didapatkan hasil 88% untuk persepsi kemudahan&#xD; penggunaan yang berarti berada pada kategori &#x201C;sangat puas&#x201D;, 86% untuk persepsi&#xD; kegunaan dengan kategori &#x201C;sangat puas&#x201D;, 85% untuk persepsi intensi dengan&#xD; kategori &#x201C;sangat puas&#x201D;, dan 82% untuk persepsi penggunaan sesungguhnya&#xD; dengan kategori &#x201C;sangat puas&#x201D;.</description><date>2019-11-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2335/1/13.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2335/2/14.%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/2335/3/20.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Oktavian, Rizki (2019) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR TARI BEDANA. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>2335</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Oktavian, Rizki
title PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAKAN DASAR TARI BEDANA
publishDate 2019
topic PROGRAM KOMPUTER
SYSTEMS KOMPUTER
url http://repository.teknokrat.ac.id/2335/1/13.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2335/2/14.%20BAB%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2335/3/20.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2335/
contents Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan tarian tradisional. Animo anak-anak muda di Lampung sendiri masih terbilang tinggi untuk mempelajari tarian tradisional melalui sanggar-sanggar tari yang ada. Salah satu tarian tradisional Lampung yang paling sering dibawakan dalam acara-acara tertentu ialah tari bedana. Namun untuk dapat mempelajari gerakan dasar tari bedana tersebut, satu-satunya media ialah melalui pelatih tari, baik secara privat, disekolah maupun melalui sanggar tari. Sehingga proses latihan sangat dibatasi oleh waktu dan tempat. Untuk itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat umum di Provinsi Lampung khususnya penari pemula dalam mempelajari gerakan dasar tari bedana yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Media pembelajaran ini berbasis android dan menerapkan teknologi Augmented Reality, sehingga gerakan yang dipergakan oleh karakter 3D dapat terlihat jelas dari segala sisi. Berdasarkan hasil pengujian terhadap media pembelajaran gerak dasar tari bedana menggunakan metode technology acceptance model (TAM) terhadap 25 responden, maka didapatkan hasil 88% untuk persepsi kemudahan penggunaan yang berarti berada pada kategori “sangat puas”, 86% untuk persepsi kegunaan dengan kategori “sangat puas”, 85% untuk persepsi intensi dengan kategori “sangat puas”, dan 82% untuk persepsi penggunaan sesungguhnya dengan kategori “sangat puas”.
id IOS15511.2335
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:53:05Z
last_indexed 2021-05-20T04:53:05Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1700252027566686208
score 17.538404