game edukasi, tempat bersejarah di Indonesia, Construct2

Main Author: Ramdani, Rahmat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/2236/1/12.%20Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2236/2/14.%20BAB%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2236/3/20.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/2236/
Daftar Isi:
  • Masyarakat dan khususnya anak-anak terlihat cenderung tidak peduli pada peninggalan sejarah, bahkan banyak yang tidak mengetahui akan keberadaan bangunan-bangunan tersebut. Kurangnya pengetahuan masyarakat akan sejarah membuat mereka cenderung menganggap bahwa peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut bukanlah hal yang penting bahkan sebagian masyarakat menganggap peninggalan sejarah hanyalah bangunan tua yang tidak berarti apa- apa (Vika dan Renaldi, 2015). Maka dari itu diperlukan sebuah media yang dapat meningkatkan minat dan pengetahuan anak-anak mengenai tempat bersejarah, berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan judul “Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah di Indonesia”. Game ini dikembangkan dengan Metode Game Development Life Cycle. Kemudian untuk untuk mengetahui kelayakan Game ini diuji menggunakan ISO 9126 dengan empat aspek pengujian yaitu Functionality, Usability, Efficiency dan Portability. Berdasarkan evaluasi hasil observasi yang dilakukan terhadap siswa kelas 5 dan 6 MIN 7 Bandar Lampung terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menjawab soal tentang tempat bersejarah di Indonesia khususnya yang terdapat di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa yang terdapat di dalam game sebesar 50 % dari kondisi awal dimana siswa belum memainkan game edukasi tempat bersejarah di Indonesia.