GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA SUMATERA BERBASIS ANDROID Educational Game On the Introduction of Sumatra’s Culture on Android based
Main Author: | Damaiyanti, Linda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.teknokrat.ac.id/1942/1/10%20ABSTRAK.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/1942/2/11%20BAB%201%20SKRIPSI.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/1942/3/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/1942/ |
ctrlnum |
1942 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/1942/</relation><title>GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA SUMATERA BERBASIS ANDROID
Educational Game On the Introduction of Sumatra’s Culture on Android based</title><creator>Damaiyanti, Linda</creator><subject>Games Education</subject><description>Pengenalan keanekaragaman budaya Indonesia merupakan salah satu hal yang sangat penting khususnya bagi para generasi muda. Generasi muda adalah generasi penerus dari tradisi budaya Indonesia. Namun, di era global seperti saat ini mulai banyak sekali budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia yang membuat generasi muda tidak tertarik untuk mempelajari budaya-budaya tradisional Indonesia dan bahkan sedikit-demi sedikit mulai terlupakan. Tujuan dari enelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi untuk anak usia kelas 5 Sekolah Dasar (SD) sebagai media hiburan dan alternatif untuk meningkatkan dan memerluas pengetahuan pengguna dalam mengenal budaya yang ada di Sumatera.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi dari studi pustaka dan Survei pada beberapa game yang menjadi referensi. Sumber data/subjek yaitu siswa kelas 5 yang berjumlah 10 orang. Metode pengujian yang dilakukan yaitu terhadap aspek Usability, Functionality dan Portability.
Pengembangan aplikasi game Pengenalan Budaya Sumatera menggunakan software Construct 2 yang akan dijalankan pada platform Android. Hasil pengujian kualitas aplikasi game diperoleh nilai dari aspek functionality 100% valid, aspek portability dengan OS Android versi Kitkat, Lolipop, Marsmellow dan Nougat 100% valid, dan aspek usability diperoleh nilai 88,89%.</description><date>2018-11-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1942/1/10%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1942/2/11%20BAB%201%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1942/3/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Damaiyanti, Linda (2018) GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA SUMATERA BERBASIS ANDROID Educational Game On the Introduction of Sumatra’s Culture on Android based. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>1942</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
Damaiyanti, Linda |
title |
GAME EDUKASI PENGENALAN BUDAYA SUMATERA BERBASIS ANDROID
Educational Game On the Introduction of Sumatra’s Culture on Android based |
publishDate |
2018 |
topic |
Games Education |
url |
http://repository.teknokrat.ac.id/1942/1/10%20ABSTRAK.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/1942/2/11%20BAB%201%20SKRIPSI.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/1942/3/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.teknokrat.ac.id/1942/ |
contents |
Pengenalan keanekaragaman budaya Indonesia merupakan salah satu hal yang sangat penting khususnya bagi para generasi muda. Generasi muda adalah generasi penerus dari tradisi budaya Indonesia. Namun, di era global seperti saat ini mulai banyak sekali budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia yang membuat generasi muda tidak tertarik untuk mempelajari budaya-budaya tradisional Indonesia dan bahkan sedikit-demi sedikit mulai terlupakan. Tujuan dari enelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi untuk anak usia kelas 5 Sekolah Dasar (SD) sebagai media hiburan dan alternatif untuk meningkatkan dan memerluas pengetahuan pengguna dalam mengenal budaya yang ada di Sumatera.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi dari studi pustaka dan Survei pada beberapa game yang menjadi referensi. Sumber data/subjek yaitu siswa kelas 5 yang berjumlah 10 orang. Metode pengujian yang dilakukan yaitu terhadap aspek Usability, Functionality dan Portability.
Pengembangan aplikasi game Pengenalan Budaya Sumatera menggunakan software Construct 2 yang akan dijalankan pada platform Android. Hasil pengujian kualitas aplikasi game diperoleh nilai dari aspek functionality 100% valid, aspek portability dengan OS Android versi Kitkat, Lolipop, Marsmellow dan Nougat 100% valid, dan aspek usability diperoleh nilai 88,89%. |
id |
IOS15511.1942 |
institution |
Universitas Teknokrat Indonesia |
institution_id |
1130 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia |
library_id |
1718 |
collection |
Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
repository_id |
15511 |
subject_area |
Repository Teknokrat Repository UTI Repository Universitas Teknokrat Indonesia |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
repoId |
IOS15511 |
first_indexed |
2021-05-20T04:52:57Z |
last_indexed |
2021-05-20T04:52:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700252035265331200 |
score |
17.538404 |