PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN SERVICE BERBASIS WEB (Studi Kasus PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG) Web Based Sevice Information system design Service (Case Study : PDAM Way Rilau Bandar Lampung)

Main Author: Herman, Akhmad Qadafi Aziz
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/1722/1/08.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1722/2/14.%20BAB%20I.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1722/3/20.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1722/
ctrlnum 1722
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/1722/</relation><title>PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN SERVICE&#xD; BERBASIS WEB&#xD; (Studi Kasus : PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG)&#xD; Web Based Sevice Information system design Service&#xD; (Case Study : PDAM Way Rilau Bandar Lampung)</title><creator>Herman, Akhmad Qadafi Aziz</creator><subject>SISTEM PENGOLAHAN DATA</subject><subject>REPOSITORI DATA BERBASIS WEB</subject><description>PDAM Way Rilau Bandar Lampung merupakan perusahaan air minum&#xD; negara yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan air bersih dalam suatu&#xD; daerah. PDAM bertugas untuk mengelola air, proses kerja dimulai dari&#xD; pengambilan air baku hingga menyalurkan air bersih ke masyarakat.&#xD; PDAM Way Rilau dalam pelayanan service pelanggan harus datang&#xD; langsung untuk melakukan proses pelaporan kerusakan, dan pemasangan untuk&#xD; melakukan registrasi, dalam proses registrasi masih dilakukan secara manual yaitu&#xD; dicatat kedalam formulir dan direkap kedalam buku registrasi.&#xD; Berdasarkan pengelolaan yang dilakukan terdapat kendala yaitu lama&#xD; dalam proses registrasi, tidak adanya laporan yang dilakukan dikarnakan masih&#xD; dilihat berdasarkan buku, dan lama dalam proses pencarian data. Membuang&#xD; waktu pelanggan dalam melakukan pelaporan kerusakan dan pemasangan&#xD; dikarenakan harus datang ke PDAM. Serta kurangnya pelayanan membuat&#xD; pelanggan melakukan pelaporan mengenai kerusakan dan pemasangan cukup&#xD; banyak, angka pengaduan pelayanan beserta informasi yang PDAM dalam 1&#xD; minggu dapat mencapai &#xB1; 30 pelaporan. Hal ini akan berdampak pada pelayanan&#xD; yang kurang cepat pada ketidakpuasan pelanggan dikarenakan pelayanan terlalu&#xD; lama.&#xD; Solusi dari kendala di atas akan dibuat aplikasi layanan service secara&#xD; online untuk mendata dan mengelola informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.&#xD; Sistem yang akan dibangun akan menyampaikan informasi pelayanan dan&#xD; kerusakan, yang dapat dikelola kapan saja maupun dimana saja dengan&#xD; menginformasikan seputar pemasangan serta menghasilkan laporan yang&#xD; dibutuhkan oleh PDAM Way Rilau.&#xD; Sistem Informasi Layanan Service pada PDAM mempermudah pihak&#xD; PDAM dalam mencari data-data pelanggan, pemasangan dan kerusakan/keluhan&#xD; serta dalam pembuatan laporan lebih cepat dibandingkan dengan sistem yang&#xD; lama yaitu secara konvensional/mencatat di buku besar. Sistem pelayan ini juga&#xD; mempermudah pelanggan dalam melakukan registrasi, pemasangan air, dan&#xD; keluhan sehingga menghemat waktu serta biaya pelanggan, serta meningkatkan&#xD; pelayanan dan kepuasan lebih dari pelanggan untuk PDAM Way Rilau.</description><date>2019-11-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1722/1/08.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1722/2/14.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1722/3/20.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Herman, Akhmad Qadafi Aziz (2019) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN SERVICE BERBASIS WEB (Studi Kasus : PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG) Web Based Sevice Information system design Service (Case Study : PDAM Way Rilau Bandar Lampung). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia. </identifier><recordID>1722</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Herman, Akhmad Qadafi Aziz
title PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN SERVICE BERBASIS WEB (Studi Kasus : PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG) Web Based Sevice Information system design Service (Case Study : PDAM Way Rilau Bandar Lampung)
title_sub PDAM WAY RILAU BANDAR LAMPUNG) Web Based Sevice Information system design Service (Case Study : PDAM Way Rilau Bandar Lampung)
publishDate 2019
topic SISTEM PENGOLAHAN DATA
REPOSITORI DATA BERBASIS WEB
url http://repository.teknokrat.ac.id/1722/1/08.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1722/2/14.%20BAB%20I.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1722/3/20.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1722/
contents PDAM Way Rilau Bandar Lampung merupakan perusahaan air minum negara yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan air bersih dalam suatu daerah. PDAM bertugas untuk mengelola air, proses kerja dimulai dari pengambilan air baku hingga menyalurkan air bersih ke masyarakat. PDAM Way Rilau dalam pelayanan service pelanggan harus datang langsung untuk melakukan proses pelaporan kerusakan, dan pemasangan untuk melakukan registrasi, dalam proses registrasi masih dilakukan secara manual yaitu dicatat kedalam formulir dan direkap kedalam buku registrasi. Berdasarkan pengelolaan yang dilakukan terdapat kendala yaitu lama dalam proses registrasi, tidak adanya laporan yang dilakukan dikarnakan masih dilihat berdasarkan buku, dan lama dalam proses pencarian data. Membuang waktu pelanggan dalam melakukan pelaporan kerusakan dan pemasangan dikarenakan harus datang ke PDAM. Serta kurangnya pelayanan membuat pelanggan melakukan pelaporan mengenai kerusakan dan pemasangan cukup banyak, angka pengaduan pelayanan beserta informasi yang PDAM dalam 1 minggu dapat mencapai ± 30 pelaporan. Hal ini akan berdampak pada pelayanan yang kurang cepat pada ketidakpuasan pelanggan dikarenakan pelayanan terlalu lama. Solusi dari kendala di atas akan dibuat aplikasi layanan service secara online untuk mendata dan mengelola informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sistem yang akan dibangun akan menyampaikan informasi pelayanan dan kerusakan, yang dapat dikelola kapan saja maupun dimana saja dengan menginformasikan seputar pemasangan serta menghasilkan laporan yang dibutuhkan oleh PDAM Way Rilau. Sistem Informasi Layanan Service pada PDAM mempermudah pihak PDAM dalam mencari data-data pelanggan, pemasangan dan kerusakan/keluhan serta dalam pembuatan laporan lebih cepat dibandingkan dengan sistem yang lama yaitu secara konvensional/mencatat di buku besar. Sistem pelayan ini juga mempermudah pelanggan dalam melakukan registrasi, pemasangan air, dan keluhan sehingga menghemat waktu serta biaya pelanggan, serta meningkatkan pelayanan dan kepuasan lebih dari pelanggan untuk PDAM Way Rilau.
id IOS15511.1722
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:52:51Z
last_indexed 2021-05-20T04:52:51Z
recordtype dc
_version_ 1700252036381016064
score 17.538404