PENERAPAN ALGORITMA A*(A-STAR) PADA PERMAINAN SPY HUNTER

Main Author: Firmansyah, Muhammad
Format: Thesis PeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/1483/1/M.Firmansyah_11312111_Full.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1483/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1483/3/BAB%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1483/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1483/
ctrlnum 1483
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.teknokrat.ac.id/1483/</relation><title>PENERAPAN ALGORITMA A*(A-STAR) PADA PERMAINAN SPY HUNTER</title><creator>Firmansyah, Muhammad</creator><subject>Algoritma</subject><description>Game merupakan jenis hiburan yang disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak sampai dewasa, Selain itu game digunakan untuk menghilangkan kejenuhan dalam beraktivitas. Salah satunya Game bergenre FPS dipilih karena game bergenre ini sangat diminati pada saat ini, sebagian contoh game fps yang diminati sampai saat ini adalah point blank dan dead trigger. Di dalam game yang ada saat ini, game hanya sebatas hiburan semata jarang sekali di dalam game tersebut menerapkan algoritma dalam penyelesaiannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah membandingkan algoritma A* dengan NavMesh untuk mengetahui kecepatan waktu yang di butuhkan dalam perncarian titik tujuan (Target).&#xD; Pembuatan aplikasi dilakukan menggunakan software unity, karena unity adalah alat yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur dan simulasi. Kesatuan tidak hanya mesin permainan, tetapi juga sebagai editor. Algoritma A* merupakan perbaikan dari metode BFS (Breadth First Search) dengan memodifikasi fungsi heuristiknya. NavMesh struktur data yang menggambarkan permukaan yang dapat dilalui karakter dari permainan dan memungkinkan untuk menemukan jalan dari suatu lokasi ke lokasi yang dituju.&#xD; Uji coba aplikasi ini dilakukan menggunakan kecepatan waktu rata &#x2013; rata yang di ukur berdasarkan tingkatan. Dimana tingkatan tersebut menggunakan halangan dan tidak menggunkana halangan serta di ukur berdasarkan node yang ada pada map permaianan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut NavMesh lebih cepat dibandingkan algoritma A* pada game spy hunter dalam pengujiannya.</description><publisher>Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia</publisher><date>2016-11-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1483/1/M.Firmansyah_11312111_Full.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1483/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1483/3/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.teknokrat.ac.id/1483/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Firmansyah, Muhammad (2016) PENERAPAN ALGORITMA A*(A-STAR) PADA PERMAINAN SPY HUNTER. Other thesis, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika &amp; Komputer. </identifier><recordID>1483</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Firmansyah, Muhammad
title PENERAPAN ALGORITMA A*(A-STAR) PADA PERMAINAN SPY HUNTER
publisher Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
publishDate 2016
topic Algoritma
url http://repository.teknokrat.ac.id/1483/1/M.Firmansyah_11312111_Full.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1483/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1483/3/BAB%201.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1483/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1483/
contents Game merupakan jenis hiburan yang disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak sampai dewasa, Selain itu game digunakan untuk menghilangkan kejenuhan dalam beraktivitas. Salah satunya Game bergenre FPS dipilih karena game bergenre ini sangat diminati pada saat ini, sebagian contoh game fps yang diminati sampai saat ini adalah point blank dan dead trigger. Di dalam game yang ada saat ini, game hanya sebatas hiburan semata jarang sekali di dalam game tersebut menerapkan algoritma dalam penyelesaiannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah membandingkan algoritma A* dengan NavMesh untuk mengetahui kecepatan waktu yang di butuhkan dalam perncarian titik tujuan (Target). Pembuatan aplikasi dilakukan menggunakan software unity, karena unity adalah alat yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur dan simulasi. Kesatuan tidak hanya mesin permainan, tetapi juga sebagai editor. Algoritma A* merupakan perbaikan dari metode BFS (Breadth First Search) dengan memodifikasi fungsi heuristiknya. NavMesh struktur data yang menggambarkan permukaan yang dapat dilalui karakter dari permainan dan memungkinkan untuk menemukan jalan dari suatu lokasi ke lokasi yang dituju. Uji coba aplikasi ini dilakukan menggunakan kecepatan waktu rata – rata yang di ukur berdasarkan tingkatan. Dimana tingkatan tersebut menggunakan halangan dan tidak menggunkana halangan serta di ukur berdasarkan node yang ada pada map permaianan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut NavMesh lebih cepat dibandingkan algoritma A* pada game spy hunter dalam pengujiannya.
id IOS15511.1483
institution Universitas Teknokrat Indonesia
institution_id 1130
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia
library_id 1718
collection Repository Universitas Teknokrat Indonesia
repository_id 15511
subject_area Repository Teknokrat
Repository UTI
Repository Universitas Teknokrat Indonesia
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS15511
first_indexed 2021-05-20T04:52:46Z
last_indexed 2021-05-20T04:52:46Z
recordtype dc
_version_ 1700252037090902016
score 17.538404