SISTEM PEMBELAJARAN MEMBACA, BERHITUNG DAN BERMAIN PADA TK/RA YASRI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DI BANDAR LAMPUNG

Main Author: Mardiyana, -
Format: Thesis PeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.teknokrat.ac.id/1474/1/Abstrak.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1474/2/BAB%20I.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1474/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1474/4/Skripsi%20Bab%201%20dan%20Bab%205.pdf
http://repository.teknokrat.ac.id/1474/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran membaca dan berhitung merupakan pelajaran yang diajarkan di Taman Kanak-kanak (TK)/RaudhatulAthfal (RA) Yasri. Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran membaca dan berhitung ini adalah kurangnya media dalam bentuk alat peraga yang menarik dan multiguna yang bisa digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini membuat anak-anak merasa kurang termotivasi dalam belajar di kelas dan sukar memahami materi yang diberikan oleh guru. Pada tugas akhir ini dibangunlah suatu aplikasi pembelajaran membaca dan berhitung berbasis multimedia interaktif, yang digunakan untuk pembelajaran huruf dan angka pada area bahasa dan area matematika yang disesuai dengan Rencana Kegiatan Harian dan buku panduan belajar yang digunakan di TK/RA Yasri. Aplikasi ini di implementasikan dengan menggunakan Macromedia Flash. Pembelajaran yang dibangun pada aplikasi pembelajaran membaca dan berhitung berbasis multimedia interaktif ini bersifat statis. Guru dapat menggunakan aplikasi ini sebagai materi dan alat peraga dalam proses belajar mengajar di kelas. Anak-anak akan menjadi lebih termotivasi dalam memahami pembelajaran yang disampaikan, karena aplikasi pembelajaran membaca, berhitung dan bermain ini disampaikan secara interaktif dan menyenangkan. Sehingga akan terjadi peningkatan kualitas dalam belajar.