HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn DENGAN KARAKTER SISWA KELAS V SDN GUGUS V AMPENAN
Main Authors: | Nuraini, Rizki Amalia, Asrin, Asrin, Jiwandono, Ilham Syahrul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/97 https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/97/38 |
Daftar Isi:
- This research is motivated by a fairly severe fragility of character, one of which is caused by not optimal character development in educational institutions. Currently, education in Indonesia only focuses on the left brain (hard skills) and does not pay attention to the development of the right brain (soft skills). In addition, the increasing character of the Indonesian nation is not good, especially the character of students who do not reflect the values of Pancasila. Pancasila values are very important values because they contain the noble values of this nation and are very relevant to be used as the basis for shaping the character of the nation. Thus the researcher conducted the research with the aim of knowing whether there was a significant relationship between the understanding of the values of Pancasila and the character of the students. The method used in this research is quantitative methods. The research location at SDN Gugus V Ampenan in class V. The research sample was 55 students. The research instruments used were tests and questionnaires. The data analysis technique used Product Moment Correlation. The results of the calculation with the results of the Correlation Coefficient which is marked with an r value of 0.979 which means that there is a strong relationship between the understanding of the values of Pancasila and the character of the students of SDN Gugus V Ampenan. The results showed that there was a significant relationship between the understanding of Pancasila values and the character of the fifth grade students of SDN Gugus V Ampenan.
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kerapuhan karakter yang cukup parah yang salah satunya disebabkan oleh tidak optimalnya pengembangan karakter di lembaga pendidikan. Pendidikan di Indonesia saat ini hanya terfokus pada otak kiri (hard skill) saja dan kurang memperhatikan perkembangan otak kanan (soft skill). Selain itu, semakin meningkatnya karakter bangsa Indonesia yang tidak baik terutama karakter para pelajar yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila merupakan nilai yang sangat penting karena mengandung nilai-nilai luhur bangsa ini dan sangat relevan untuk dijadikan dasar dalam pembentukan karakter bangsa. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai Pancasila terhadap karakter siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian di SDN Gugus V Ampenan pada kelas V. Sampel penelitian berjumlah 55 Siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Hasil perhitungan dengan hasil Koefisien Korelasi yang ditandai dengan nilai r sebesar 0,979 yang berarti menandakan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan karakter siswa SDN Gugus V Ampenan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Hubungan yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan karakter siswa kelas V SDN Gugus V Ampenan.