ANALISIS FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SDN 05 AMPENAN
Main Authors: | Jannah, Miftahul, Dewi, Nurul Kemala, Oktaviyanti, Itsna |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/100 https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/100/42 |
Daftar Isi:
- This study aims to describe the difficulty factors of teachers in compiling a lesson plan (RPP) at SDN 05 Ampenan. The approach used is a qualitative approach with narrative descriptive research type. Data collection techniques using interviews and documentation. Data analysis using data analysis Model Milles and Huberman which consists of, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the difficulties experienced by the teacher in compiling and developing several components of the lesson plans were: (1) formulating indicators of competency achievement, (2) determining learning models and methods, (3) determining learning media and (4) assessing. Some of these difficulties are influenced by several factors, including: (1) teachers 'understanding in preparing lesson plans, (2) teachers' ability to use IT, (3) time availability, (4) student characteristics.
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor kesulitan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman yang terdiri atas, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru dalam menyusun dan mengembangkan beberapa komponen RPP diantaranya: (1) merumuskan indikator pencapaian kompetensi, (2) menentukan model dan metode pembelajaran, (3) menentukan media pembelajaran dan (4) penilaian. Beberapa bentuk kesulitan tersebut dipengaruhi karena beberapa faktor antara lain: (1) pemahaman guru dalam menyusun RPP, (2) kemampuan guru dalam menggunakan IT, (3) ketersediaan waktu, (4) karakteristik siswa.