Regulasi Diri dalam Belajar (Self-Regulated Learning) Pada Remaja yang Kecanduan Game Online
Main Author: | Effendi, Rolin Maulya Sani |
---|---|
Other Authors: | Universitas Mulawarman |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
, 2017
|
Online Access: |
http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4362 http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4362/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian mengenai regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) pada remaja yang kecanduan game online bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi diri dalam belajar akibat kecanduan game online. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data secara kualitatif berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada penelitian ini, bahwa dari keempat subjek yang kecanduan game online, subjek FZ memiliki self regulated learning yang kurang karena tidak memiliki jadwal belajar yang rutin, tidak memiliki target pada nilai akademik, memilih untuk bermain game online dibandingkan akademiknya dan salah satu faktor yang mempengaruhi adalah faktor keluarga. Ketiga subjek yaitu FK, AR, FH masih memiliki self regulated learning yang baik seperti memiliki target dan tujuan pada akademiknya, masih memiliki jadwal belajar walaupun tidak rutin, masih mampu mengurangi waktu bermain game online jika ada ulangan, akan tetapi waktu bermain game online masih lebih lama dari waktu belajar dan faktor lingkungan yang mendukung untuk bermain game online.