Implementasi Data Mining Pola penjualan Sparepart Motor Honda Pada Pt Rotella Persada Mandiri Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

Main Authors: Elyas, Ananda Hadi, Prayoga, Jonathan
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Dharmawangsa , 2020
Online Access: http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device/article/view/698
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/device/article/view/698/648
Daftar Isi:
  • Penjualan adalah suatu kegiatan utama ekonomi yang cukup penting dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Secara umum penjualan dilakukan dengan memiliki tujuan tertentu yaitu mendatangkan suatu keuntungan kepada seorang yang memasarkan produk-produk atau jasa-jasa tertentu. Suku cadang atau sparepart adalah suatu alat yang mendukung pengadaan barang untuk keperluan peralatan yang digunakan dalam proses produksi”. Berdasarkan definisi diatas, suku cadang merupakan faktor utama yang menentukan jalannya proses produksi dalam suatu perusahaan. Sehingga dapat dikatakan suku cadang ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam serangkaian aktivitas perusahaan. Data mining merupakan suatu cabang ilmu dari kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dalam data mining terdapat beberapa jenis metode sesuai dengan pemanfaatannya diantaranya: prediksi, asosiasi, klasifikasi, klastering, dan estimasi. Dalam metode asosiasi terdapat beberapa teknik diantaranya adalah Metode Apriori. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dengan memanfaatkan algoritma apriori untuk menghasilkan sebuah data baru yang dapat digunakan sebagai referensi bagi pemilik toko barang dalam hal penyajian barang kepada konsumen sebagai bagian dari memaksimalkan penjualan. Kata Kunci— Pola Penjualan Sparepart, Data Mining, Metode Algoritma Apriori.