PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DISMPN 1 SEI BINGAI
Main Authors: | Amanda, Ami ., Syahputra, Edi . |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Medan
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/view/13524 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/view/13524/11438 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran example non example pada materi untuk siswa kelas VII SMP yang berorientasi pada kemampuan spasial siswa. Kualitas perangkat pembelajaran mengacu berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan VII-2 SMP Negeri 1 Sei Bingai. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan spasial siswa untuk mengukur keefektifan.Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,5 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKS yaitu 3,8 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 93,86% dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan peningkatan hasil post-test kemampuan spasial siswa uji coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 3,06. Kata kunci: perangkat pembelajaran, Model Pembelajaran Example Non Example, kemampuan spasial. ABSTRACTThis study aims to develop learning tools in the form of learning implementation plan (RPP) and student activity sheet (LKS) based on learning mathematics based on learning model example non example on the material for students of grade VII SMP oriented on students' spatial ability. The quality of learning devices refers to aspects of validity, practicality, and effectiveness. Learning device development procedure refers to the 4-D development model, Define, Design, Development, and Disseminate. Due to the limitations of researchers, research is done up to the develop stage. The subjects of this study are students of class VII-1 and VII-2 SMP Negeri 1 Sei Bingai. The instruments used to measure the quality of instructional tools developed are RPP and LKS assessment sheets to measure validity, questionnaire responses of students to measure practicality spatial ability test students to measure effectiveness. Quality of validity and learning tools meet valid criteria based on average RPP score of 3 , 5 of maximum score 4.0 with good criteria and LKS average score is 3.8 from maximum score 4.0 with very good criteria. The quality of the practicality of instructional tools meets the practical criteria based on the average score of 93.86% student response questionnaires from 100% maximum with very good criteria. The quality of the effectiveness of the learning tools meets the effective criteria based on the improvement of post-test results of students' spatial ability of trial I and trial II with an increase of 3.06. Keywords: learning tool, realistic approach, spatial ability