Efektivitas E-Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Pancasila 8 Slogohimo

Main Author: Citra, Deby
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: IPTPI Surakarta , 2021
Online Access: http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/209
http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/209/150
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah E-learning dengan menggunakanaplikasi google classroom lebih efektif dari pada menggunakan aplikasi whatsapp group dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi SMK Pancasila8 Slogohimo Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data dilakukan melaluiteknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dengan taraf signifikan 5%.Data yang diperoleh dari masing-masing kelas setelah diberi perlakuan yaitu rata-rata tes prestasi belajar siswa kelas eksperimen 1 yaitu 78,375 sedangkan nilai rata-rata kelaseksperimen 2 sebesar 65. Hasil perhitungan, diperoleh harga thitung 6,736298, dan harga ttabel = 1,665151 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolakPenelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata prestasi belajar dengan pembelajaran aplikasi google classroom dengan rata-rata prestasi belajar denganwhatsapp group. Sehingga penelitian ini dapat menunjukkan bahwa pembelajaran aplikasigoogle classroom lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan aplikasi whatsapp groupdalam meningkatkan prestasi belajar siswa.Kata kunci: E-learning, google classroom, whatsapp group, dan prestasi belajar.ABSTRACTThe purpose of this study was to find out whether E-learning using the google classroom application is more effective than using the WhatsApp group application in improving mathematics learning achievement of class XI accounting students of SMK Pancasila 8 Slogohimo in the academic year 2020/2021. The data collection method is done through test techniques. The data analysis technique used is the t-test with a significant level of 5%. The data obtained from each class after being given treatment, namely the average student achievement test for experimental class 1, namely 78.375 while the average value of the experimental class 2 was 65. The results of the calculation, the tcount price was 6.736298, and the ttable price = 1 , 665151 with a significant level 5%. Because tcount> ttable, H0 is rejected. This research shows that there is a difference in the average learning achievement with the Google classroom application learning with the average learning achievement with the WhatsApp group. So this research can show that learning the google classroom application is more effective than learning with the WhatsApp group application in improving student learning achievement.Keywords: E-learning, google classroom, whatsapp group, and learning achievement.