PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS

Main Author: Alwa'id, Mahsun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: IPTPI Surakarta , 2019
Online Access: http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/163
http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/163/124
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis melalui penelitian ini adalah, apakah supervisi klinis mampu meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian  ini  termasuk  Penilitian  Tindakan  Sekolah. Subjek Penelitian adalah Guru di  MAN 1 Semarang, Kabupaten Semarang pada Tahun Pelajaran 2018/2019.. Teknik pelaksanaan diawali dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi serta tindak lanjut. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pelaksanaan kegiatan pada tiap tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat menguasai indikator yang ada dalam menentukan metode pembelajaran dan mencari metode yang benar-benar tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas dan lingkungan sekolah itu sendiri yang selanjutnya memberikan manfaat bagi peningkatan prestasi belajar siswa dan peningkatan mutu sekolah.