Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat
Main Authors: | Rahayu, Nisa Sri, Afriansyah, Ekasatya Aldila |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Pendidikan Indonesia
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n1_02 https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n1_02/719 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian terdahulu yang menunjukan adanya miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk miskonsepsi yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Garut yang diikuti oleh siswa kelas VII-E tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 31 siswa. Pengambilan sumber data dilakukan secara puposive sampling yang terdiri dari tiga orang siswa, masing-masing siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk uraian dan option (benar-salah) beserta alasannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga jenis miskonsepsi yang dialami siswa, yaitu miskonsepsi klasifiksaional, miskonsepsi teoritikal dan miskonsepsi korelasional. This research is motivated by the results of previous studies which show that there are misconceptions experienced by students in solving quadrilateral problems. The purpose of this study was to analyze the form of misconceptions experienced by junior high school students in solving two-dimentional figure problems of square. This research is qualitative. The research was conducted at MTs Negeri 2 Garut which was attended by 31 students of class VII-E in the 2019/2020 school year. Retrieval of data sources was carried out by purposive sampling consisting of three students, each student with high, medium, and low abilities. The instrument in this study was a test in the form of a description and options (true-false) along with the reasons. The results showed that there were three types of misconceptions experienced by students, namely classify cultural misconceptions, theoretical misconceptions, and correlational misconceptions.