KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Author: Risnanosanti, Risnanosanti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY , 2012
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/690
https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/690/553
Daftar Isi:
  • Istilah prilaku metakognitif digunakan untuk menguraikan pernyataan-pernyataan yang dibuat siswa tentang permasalahan atau proses pemecahan suatu masalah. Pengetahuan tentang kognisi mengacu pada tingkat pemahaman siswa terhadap memori, sistim kognitif, dan cara belajar yang dimilikinya. Sedangkan pengaturan dari kognisi mengacu pada seberapa baik siswa dalam mengatur sistim belajarnya. Kesulitan utama dari studi dalam bidang metakognisi adalah bagaimana mengembangkan dan mengujicobakan teknik yang valid untuk mengukur kemampuan metakognitif siswa terutama yang masih anak-anak. Tulisan ini mencoba untuk menguraikan tentang pengertian metakognitif, bagaimana hal tersebut digunakan dalam pembelajaran dan metode apa yang dapat digunakan serta bagaimana mengukur kemampuan metakognitif yang dimiliki siswa. Kata kunci : metakognitif, pembelajaran matematika.