MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI SALAH SATU PERHATIAN DALAM MEMILIH STRATEGI PEMBELAJARAN

Main Author: Sujarwo, Sujarwo
Other Authors: Yogyakarta State University
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN , 2011
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/6858
https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/6858/5891
Daftar Isi:
  • Dalam kegiatan pembelajaran, guru dituntut memiliki kemampuan memilih strategipembelajaran yang tepat. Kemampuan tersebut sebagai sarana serta usaha dalam memilihstrategi untuk menyajikan materi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan programpembelajaran. Untuk memilih strategi pembelajaran, hendaknya berangkat dari perumusantujuan yang jelas, materi pembelajaran, karakteristik siswa dan kondisi pembelajaran. Setelahtujuan pembelajaran ditentukan, kemudian memilih strategi pembelajaran yang dipandang efisiendan efektif. Suatu strategi pembelajaran dikatakan efektif dan efisien apabila dapat mencapaitujuan dengan waktu yang lebih cepat dari strategi yang lain. Kriteria lain yang perludiperhatikan adalah tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Agar penerapan suatustrategi pembelajaran dapat berhasil dengan baik, maka perlu memperhatikan beberapa faktor.Ada empat faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode dan strategi, yaitu: 1) isidan tujuan pembelajaran, 2) karakter guru, 3) karakteristik siswa dan 4) lingkunganpembelajaran. Beberapa karakteristik siswa yang perlu diperhatikan dalam penerapan strategipembelajaran, antara lain: bermotivasi berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan doronganingin tahu yang dapat dikembangkan selama proses pembelajaran, sikap yang membangun danmendorong untuk meraih hasil belajar, sehingga motivasi berprestasi akan mempengaruhi hasilbelajar siswa. Adanya dorongan dari dalam diri siswa untuk sukses, bekerja keras, meraih hasilbelajar yang lebih baik dan adanya upaya menghindari kegagalan dalam belajar maka siswamenambah keyakinan dan aktivitas belajar untuk meraih hasil belajar yang lebih baik