Keefektifan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pkn untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Nasionalisme di SMA Negeri 1 Suela Lombok Timur
Main Author: | *, Ika Tijayanti, Marzuki |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Yogyakarta State University
, 2015
|
Online Access: |
https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/5302 https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/5302/4599 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode problem solving dalam pembelajaran PKn untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis dan sikap nasionalisme di SMA Negeri 1 Suela Lombok Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2013 dengan menggunakan analisis MANOVA faktorial dua jalur pada taraf signifikansi 5% (= 0,05). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan metode problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional; 2) sikap nasionalisme siswa yang belajar menggunakan metode problem solving tidak menunjukkan perbedaan rerata yang signifikan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional; 3) kemampuan berpikir kritis siswa tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rerata pada siswa yang tergolong cerdas interpersonal dengan siswa yang tergolong cerdas intrapersonal; 4) sikap nasionalisme siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rerata pada siswa yang tergolong cerdas interpersonal dengan siswa yang tergolong cerdas intrapersonal; 5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan jenis kecerdasan terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa; 6) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan jenis kecerdasan terhadap pengembangan sikap nasionalisme siswa. Kata kunci: problem solving, jenis kecerdasan, berpikir kritis, sikap nasionalisme