REPRESENTASI KONSUMERISME DALAM ADVERTORIAL PRENAGEN: KAJIAN WACANA KRITIS

Main Author: Martutik, -
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Yogyakarta , 2014
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/3165
https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/3165/2651
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWacana iklan advertorial merupakan bentuk tindakan, sebuah bentuk interaksi.Sebagai sebuah interaksi sosial, wacana iklan advertorial memiliki tujuan membentukmasyarakat konsumerisme. Oleh sebab itu, iklan advertorial disusun secara sadar danterkontrol. Dengan menggunakan ancangan analisis wacana kritis, tulisan ini bertujuanmengupas representasi konsumerisme dalam iklan advertorial Prenagen. Representasikonsumerisme dikaji dari aspek kata dan kalimat yang dikemukakan Fairclough. Dilihat daridiksinya, iklan Prenagen menggunakan pilihan kata yang bernilai pengalaman, ekspresif,dan relasi. Dilihat dari kalimatnya, iklan Prenagen menggunakan struktur kalimat aktifdan pemfokusan pada predikat serta pemfokusan pada keterangan tujuan. Kalimat aktifdalam iklan Prenagen ditandai dengan (nama) produk digunakan sebagai pelaku (agen).Dalam upaya memberi efek persuasi digunakan metafora untuk memberikan sifat insanipada produk.Kata kunci: representasi, konumerisme, kajian wacana kritis