PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN ETOS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DI DAERAH PINGGIRAN PROVINSI DIY

Main Authors: Wahyono, Sugeng Bayu, Hardianto, Deni, Nugroho, Ariyawan Agung
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta , 2016
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/3115
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/3115/4099
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model belajar untuk meningkatkan etosbelajar siswa sekolah menengah di daerah pinggiran provinsi DIY. Penelitian ini merupakankelanjutan dari penelitian sebelumnya tentang etos belajar siswa sekolah menengah di daerahpinggiran provinsi DIY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianpengembangan, dengan langkah penelitian difokuskan pada dua tahap yaitu tahapprelimenary dan tahap formative evaluation. Pada tahap prelimenary akan dilakukanpersiapan dan prosedur kerja penelitian, sedangkan tahap formative evaluation dilakukanprototyping (penyusunan model belajar) yang di expert reviews,one-to-one dan small group,serta field test. Uji coba model belajar dalam penelitian ini dilakukan di salah satu SD diKabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model pembelajaran centering themargine memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan etos belajar siswa di daerahpinggiran.Kata Kunci: model belajar, etos belajar