Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn

Main Authors: Purwanti, Sri, Gafur, Abdul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Yogyakarta State University , 2018
Subjects:
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/22673
https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/22673/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achivement Divisions (STAD). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrument, observasi, angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif untuk motivasi belajar serta angket dan kuantitatif untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai kriteria sangat aktif hanya 17,6%, kemudian bertambah menjadi 20,6% pada siklus 1, kemudian pada siklus kedua bertambah menjadi 58,8% dan di akhir siklus menjadi 91,2%. Sedangkan dalam hasil belajar, pada tes awal belum ada atau (0%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu telah meraih nilai 75 ke atas, setelah tindakan siklus pertama ada peningkatan 47,1% siswa.