PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SISWA DI LUAR JAM PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Main Authors: Candra Devi, Anjas Puspita, sukanti, sukanti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Yogyakarta , 2018
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/20165
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/20165/10892
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. 2) Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. 3) Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 65 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran secara individu dan bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,413; r2x1y = 0,171; rx2y = 0,548; r2x2y = 0,300; Rx(1,2)y = 0,556; R2x(1,2)y = 0,310 dengan total sumbangan efektif 31%.Kata kunci: Motivasi Belajar, Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran, Prestasi Belajar Akuntansi