PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT DALAM PEMBELAJARAN BOLABASKET DENGAN PERMAINAN LOMPAT KIJANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP NEGERI GALUR TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Rusdiyanto, Agung Indra Permana,
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Departement of Sports Education, Faculty of Sport Sciences Yogyakarta State University , 2016
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/10209
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/10209/7930
Daftar Isi:
  • AbstractThis study aims to investigate the increase of Lay Up Shoot learning using the deer jump game on physical educationlesson in class VIII C SMP Negeri 1 Galur. This research was a classroom action research which consists of twocycles. Each cycle consists of one meeting. The subjects of research were all students of class VIII C SMP Negeri1 Galur (26 students, 12 boys and 14 girls). The instruments in this study were: (1) observation sheet, (2) interviewguidance, and (3) field note. The data presented in the form of descriptive. The study concluded that the use ofmethods or the deer jump game can enhance the learning process and results of Lay Up Shoot on students of classVIII C SMP Negeri 1 Galur. Based on test data in the first cycles, the average mark of students increased to 75.8 thanbefore given the action that was 60,8. In the second cycles the student’s average mark increased to 83.08 learners.In the second cycles, 88.46% students can reach the minimum competence standard that is 75.Keywords: Results of Study, Lay up Shoot, Deer Jump GameAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran Lay Up Shoot dengan permainan lompat kijangdalam pembelajaran Penjasorkes kelas VIII C SMP Negeri 1 Galur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakankelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah seluruh pesertadidik kelas VIII C SMP Negeri 1 Galur (26 siswa, 12 putra dan 14 putri). Instrumen yang digunakan dalam penelitianini adalah: (1) lembar observasi, (2) panduan wawancara, dan (3) catatan lapangan. Teknik analisis data yangdilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metodebermain lompat kijang dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran Lay Up Shoot pada peserta didik kelasVIII C SMP Negeri 1 Galur. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I, rata-rata nilai siswa yaitu 75,8 yang meningkatdibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 60,8. Pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi83,08. Pada siklus II, 88,46% peserta didik dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.Kata kunci: Hasil Belajar, Lay Up Shoot, Permainan Lompat Kijang