PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PAUD

Main Authors: Sari, Vera Novita, Setiasih, Ocih, ., Rudyanto
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya , 2020
Online Access: https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/8
https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/8/8
ctrlnum article-8
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PAUD</title><title lang="id-ID">PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PAUD</title><creator>Sari, Vera Novita</creator><creator>Setiasih, Ocih</creator><creator>., Rudyanto</creator><description lang="en-US">The curriculum is a component in education that is used as a guideline for implementing a learning in any educational institution. Currently the early childhood curriculum that applies in TK Negeri Pembina Sukamara is the curriculum 2013, where the development of this curriculum is to improve the mindset, strengthening governance, deepening material, strengthening learning processes and adjusting learning load. The key to the success of a curriculum is inseparable from the role of the Principal and Teacher. The Principal acts as the leader who is responsible for all matters relating to the smooth running of the school, as well as the teacher's role to be able to convey learning that has been applied in the curriculum. This research uses qualitative case study research, which is the researcher conducts in-depth interviews with the principal, two teachers and one representative from the school committee. Based on the data found, TK Negeri Pembina Sukamara&amp;nbsp; has developed and implemented the 2013 curriculum, from begining to do the analysis, document preparation, ratification and implementation of the curriculum 2013 Early childhood education in accordance with applicable references. As for the implementation there are several supporting factors such as the cooperation of all the teams in the school and adequate infrastructure, in addition to supporting factors there are also inhibiting factors, namely uneven and sustainable curriculum socialization resulting in a lack of teacher creativity.</description><description lang="id-ID">Kurikulum merupakan komponen dalam pendidikan yang dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan suatu pembelajaran dalam setiap satuan pendidikan. Saat ini kurikulum anak usia dini yang berlaku di TK Negeri Pembina Sukamara adalah kurikulum 2013, dimana pengembangan kurikulum ini adalah untuk penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola, pendalaman materi, penguatan proses pembelajaran dan penyesuaian beban belajar. Kunci dari keberhasilan sebuah kurikulum tidak terlepas dari peran Kepala Sekolah dan Guru. Kepala Sekolah berperan sebagai pemimpin yang bertanggung jawab untuk semua hal yang berkaitan dengan kelancaran sekolah, begitupun peran guru untuk mampu menyampaikan pembelajaran yang sudah diterapkan dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus, dimana peneliti melakukan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, dua orang guru dan satu orang perwakilan dari komite sekolah. Berdasarkan data&amp;nbsp; yang ditemukan, TK Negeri Pembina Sukamara ini telah mengembangkan dan menerapkan kurikulum 2013, dari mulai melakukan analisis, penyusunan dokumen, pengesahan dan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD sesuai dengan acuan yang berlaku. Adapun dalam pelaksanaan tersebut terdapat beberapa faktor pendukung seperti kerjasama semua tim yang ada di sekolah dan sarana prasarana yang sudah cukup memadai, selain faktpr pendukung terdapat juga faktor penghambat yaitu sosialisasi kurikulum yang belum merata dan berkelanjutan sehingga mengakibatkan kurangnya kreatifitas guru.</description><publisher lang="en-US">Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya</publisher><date>2020-07-08</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/8</identifier><source lang="ar-IQ">al-Urwatul Wutsqo Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan; &#x645;&#x62C;&#x644;&#x62F; 1 &#x639;&#x62F;&#x62F; 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan; 1 - 14</source><source lang="en-US">al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan; Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan; 1 - 14</source><source lang="id-ID">al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan; Vol 1 No 1 (2020): al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan; 1 - 14</source><source>2721-5504</source><source>2747-0105</source><language>ind</language><relation>https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/8/8</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 al-Urwatul Wutsqo Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan</rights><recordID>article-8</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Sari, Vera Novita
Setiasih, Ocih
., Rudyanto
title PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PAUD
publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya
publishDate 2020
url https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/8
https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/8/8
contents The curriculum is a component in education that is used as a guideline for implementing a learning in any educational institution. Currently the early childhood curriculum that applies in TK Negeri Pembina Sukamara is the curriculum 2013, where the development of this curriculum is to improve the mindset, strengthening governance, deepening material, strengthening learning processes and adjusting learning load. The key to the success of a curriculum is inseparable from the role of the Principal and Teacher. The Principal acts as the leader who is responsible for all matters relating to the smooth running of the school, as well as the teacher's role to be able to convey learning that has been applied in the curriculum. This research uses qualitative case study research, which is the researcher conducts in-depth interviews with the principal, two teachers and one representative from the school committee. Based on the data found, TK Negeri Pembina Sukamara&nbsp; has developed and implemented the 2013 curriculum, from begining to do the analysis, document preparation, ratification and implementation of the curriculum 2013 Early childhood education in accordance with applicable references. As for the implementation there are several supporting factors such as the cooperation of all the teams in the school and adequate infrastructure, in addition to supporting factors there are also inhibiting factors, namely uneven and sustainable curriculum socialization resulting in a lack of teacher creativity.
Kurikulum merupakan komponen dalam pendidikan yang dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan suatu pembelajaran dalam setiap satuan pendidikan. Saat ini kurikulum anak usia dini yang berlaku di TK Negeri Pembina Sukamara adalah kurikulum 2013, dimana pengembangan kurikulum ini adalah untuk penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola, pendalaman materi, penguatan proses pembelajaran dan penyesuaian beban belajar. Kunci dari keberhasilan sebuah kurikulum tidak terlepas dari peran Kepala Sekolah dan Guru. Kepala Sekolah berperan sebagai pemimpin yang bertanggung jawab untuk semua hal yang berkaitan dengan kelancaran sekolah, begitupun peran guru untuk mampu menyampaikan pembelajaran yang sudah diterapkan dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus, dimana peneliti melakukan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, dua orang guru dan satu orang perwakilan dari komite sekolah. Berdasarkan data&nbsp; yang ditemukan, TK Negeri Pembina Sukamara ini telah mengembangkan dan menerapkan kurikulum 2013, dari mulai melakukan analisis, penyusunan dokumen, pengesahan dan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD sesuai dengan acuan yang berlaku. Adapun dalam pelaksanaan tersebut terdapat beberapa faktor pendukung seperti kerjasama semua tim yang ada di sekolah dan sarana prasarana yang sudah cukup memadai, selain faktpr pendukung terdapat juga faktor penghambat yaitu sosialisasi kurikulum yang belum merata dan berkelanjutan sehingga mengakibatkan kurangnya kreatifitas guru.
id IOS15403.article-8
institution Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hidayah Tasikmalaya
institution_id 5877
institution_type library:university
library
library STIT Al-Hidayah Library
library_id 4434
collection al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan
repository_id 15403
subject_area Arabic/Bahasa Arab*
Tafsir Al-Qur'an
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Child Development/Perkembangan Anak
city TASIKMALAYA
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS15403
first_indexed 2021-04-27T04:26:13Z
last_indexed 2021-04-27T04:26:13Z
recordtype dc
_version_ 1698166662016008192
score 17.538404