PENGARUH PERMAINAN DAKON TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF MATEMATIK PADA ANAK USIA DINI DI RA AL-IKHWAN KOTA TASIKMALAYA
Main Authors: | ., Rosmiati, Mumung, Asep, Srihilmawati, Rostika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/14 https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/14/13 |
Daftar Isi:
- The education of early childhood has a development and growth which must be enhanced. One of the duty growth is cognitive growth. Cognitive growth has eight intelligence aspects one of the intelligence is logical mathematics intelligence. One of the learning concept in early childhood is learning while playing. So that, learning with Dakon Geometry Game could help the child to think logical mathematics. the purpose of this to improve the cognitive development of childrens mathematics intelligence in B group of early childhood at B RA Al-Ikhwan Tasikmalaya. The results of this study found that 7 people began to develop as much as 70% and 3 people developed as much as 30%. So, it can be concluded that there is difference influence which is significance between Dakon Geometry Game towards of logical mathematics intelligence in B group of early childhood at B RA Al-Ikhwan Tasikmalaya.
- Pendidikan anak usia dini memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang harus dioptimalkan. Salah satu tugas perkembangan yaitu perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif memiliki 8 aspek kecerdasan yang salah satu kecerdasan yaitu kecerdasan logika matematika. Konsep pembelajaran anak usia dini salah satunya adalah belajar sambil bermain. Untuk itu, pembelajaran dengan permainan dakon dapat membantu anak berpikir matematis logis. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkam perkembangan Kogntif Matematik anak dalam belajar di RA AL-Ikhwan Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian ini didapatkan didapatkan 1 atau sebanyak 5% orang belum berkembang, 10 orang mulai berkembang sebanyak 50% dan 9 orang berkembang sesuai harapan sebanyak 45%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada beda pengaruh yang signifikan antara permainan dakon terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini kelompok B di RA Al-Ikhwan Tasikmalaya.