EFEKTIVITAS METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI

Main Authors: Nursiti, Depi, Hamid, Lukman, Nurhidayah, Nisa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Hidayah Tasikmalaya , 2020
Online Access: https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/12
https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/12/11
Daftar Isi:
  • Early childhood is in the golden age stage. This stage is marked by significant changesin aspectsof its development (such as : language, art and physical motor). So that at this stage can be passed well by every child it is necessary to strive for proper education. Including the development of musical intelligence and kinesthetic intelligence, children must also develop. One of the lessons that can be done by the teacher is learning motion and songcan influence and control the nerve center, and help children to further develop their intelligence not only in aspects of cognitive, language and emotional development but aslo in the development of art and physical children. This study aims to determine the effectiveness of kinesthetic intelligence in early childhood whit the motion and song method in RA Ar-Arahmah Kawalu. The research method used is a qualitative approach whita descriptive method for class B RA Ar-Rahmah Kawalu Tasikmalaya.
  • Anak usia dini berada pada tahap Golden Age ditandai dengan perubahan yang signifikan dalam aspek perkembangannya (seperti bahasa, seni dan fisik motorik). Agar pada tahap ini dapat dilalui dengan baik oleh setiap anak maka perlu diupayakan pendidikan yang tepat, termasuk pada perkembangan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak. Pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru salah satunya dengan pembelajaran gerak dan lagu. Pembelajaran gerak dan lagu ini dapat mempengaruhi dan mengendalikan pusat syaraf, serta membantu anak untuk lebih mengembangkan kecerdasannya tidak hanya pada aspek pengembangan kognitif, bahasa dan emosionalnya saja tetapi juga pada pengembangan seni dan fisik anak. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini di RA Ar-Rahmah kawalu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif terhadap anak kelas B RA Ar-Rahmah Kawalu Tasikmalaya.