UPAYA MENINGKATKAN S AKTIFITADAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA SISWA KELAS V SDN MULYOSARI KECAMATAN MEGANG SAKTI
Main Author: | Ali, M |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Pengembangan Keilmuan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M), Institut Agama Islam (IAI) Al-Azhaar Lubuklinggau, Sumatera Selatan
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/tazkiroh/article/view/374 https://e-journal.iai-al-azhaar.ac.id/index.php/tazkiroh/article/view/374/286 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri Mulyosari. Penenlitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V di SD Negeri Mulyosari yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan prosentase keberhasilan peningkatan hasil belajar pada siklus 1 nilai rata-rata adalah 71,87 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan, nilai rata- rata menjadi 77,18 dengan ketuntasan klasikal 93,75%. Untuk aktifitas siswa siklus 1 pertemuan pertama 37,5% siswa aktif, pertemuan kedua 62,5% siswa aktif. Pada siklus II pertemuan pertama 87,5% siswa aktif dan pertemuan kedua 100% siswa aktif. Diakhir tindakan siklus II ternyata semua indikator keberhasilan yang disyaratkan dalam penelitian ini telah tercapai, yaitu ketuntasan klasikal 85%, dan keaktifan siswa 70%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa: Melalui Penerapan Model Pembelajaran Round Club dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Siswa Kelas V SDN Mulyosari pada mata pelajaran PKn tentang peraturan perundang-undangan.