HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN HASIL BELAJAR MATERI VEKTOR

Main Authors: siregar, muhammad iqbal, asmaidah, seri, Siregar, Lukman Hakim
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/SENAR/article/view/653
http://journal.ipts.ac.id/index.php/SENAR/article/view/653/875
Daftar Isi:
  • ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Hasil Belajar Siswa Materi Vektor SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 55 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA1sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar siswa materi vector  kelas X  sebelum penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL)diperoleh nilai rata-rata 65yang berada pada kategori “Kurang”;(2) Hasil belajar siswa materi gerak lurus kelas X  sesudah penggunaanModel Problem Based Learnig (PBL)diperoleh nilai rata-rata 86,78yang berada pada kategori “Baik sekali”. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa thitunglebih besar dari ttabel(0,4731,7). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan yang signifikan penggunaaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X.   Kata-kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), Vektor, Hasil Belajar Fisika.