PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH/PLASTISIN UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BINA CERDAS DESA RUNGGU KECAMATAN BELO
Main Authors: | Endang, Endang, Syafrudin, Syafrudin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Tarbiyah IAI Muhammadiyah Bima
, 2020
|
Online Access: |
http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/577 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/577/426 |
Daftar Isi:
- Penggunaan Media Playdough/Plastisin Untuk MengembangkanKreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bina Cerdas Desa RungguKecamatan Belo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkankreatifi tas anak usia 4-5 Tahun yang belum berkembang secara optimaldi Pendidikan Anak Taman Kanak-Kanak (TK) Bina Cerdas Desa RungguKecamatan Belo yang berjumlah 35 anak. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tigasiklus melalui langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi danrefl eksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list). Teknikanalisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yang diperolehmenunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kretivitasdengan menggunakan media playdough pada Anak Usia Dini; Memberikansemangat, Memberikan pujian-pujian, Memicu anak untuk berinspirasi.Mendukung bakat anak dan mengikut sertakan dalam lomba sesuaibakat anak, agar anak tetap percaya diri, aktif dan berani tampil. Manfaatpalydough sebagai upaya meningkatkan kreatifi tas anak. Hasil Penelitiandapat diuraikan bahwa faktor penghambat dalam mengembangkankreativitas pada anak adalah sebagai berikut; Anak terlalu di paksa untukterus latihan sehingga anak tersebut bosan, Ibu terlalu memaksa anakmendapatkan juara sehingga anak merasa terlalu tertekan. Berdasarkanpenelitian tersebut dapat direkomendasikan bahwa melalui mediaplaydough/plastisin sangat efektif untuk mengembangkan kreatifi tas anak.