Implementasi Pengajaran Paulus tentang Sikap Hidup Anak Tuhan Berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 bagi Peserta Didik Kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta
Main Author: | Sitorus, Eni Rauli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.sttkadesiyogyakarta.ac.id/7/1/Abstract.pdf http://repository.sttkadesiyogyakarta.ac.id/7/2/Chapter%201%20introduction.pdf http://repository.sttkadesiyogyakarta.ac.id/7/3/References.pdf http://repository.sttkadesiyogyakarta.ac.id/7/4/Full%20Report.pdf http://repository.sttkadesiyogyakarta.ac.id/7/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Nama : Eni Rauli Sitorus Prodi : Sarjana Pendidikan Kristen (S.Pd) Sekolah : Sekolah Tinggi Teologi KADESI Yogyakarta Judul : Implemetasi Pengajaran Paulus Tentang Sikap Hidup Anak Tuhan Berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 Bagi Peserta Didik Kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakrta Latarbelakang Masalah Adapun yang menjadi latarbelakang masalah dalam penelitian ini adalah: pertama, peserta didik kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta dalam mengimplementasikan sikap hidup anak Tuhan masih kurang. Kedua,peserta didik masih kurang dalam mengiplemetasikan sikap hidup benar,ini terlihat dari sikap peserta didik yang kurang menghormati guru, sikap kurang patuh terhadap peraturan sekolah,dan terlihat dari sikap peserta didik yang masih memilih dalam bertemandan dalam kerohanian pun masih kurang, hal ini terlihat ketika diadakan ibadah persekutuan, peserta didik belum sepenuhnya mengikuti ibadah tersebut dengan sungguh-sungguh. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Pertama, Berapa besar implementasi pengajaran Paulus tentang sikap hidup anak Tuhan berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 bagi peserta didik di kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta.Kedua,dimensi manakah yang paling dominan menentukan terimplementasinya Pengajaran Paulus Tentang Sikap Hidup Anak Tuhan bagi peserta didik kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah:Pertama, untuk mengetahui besarnya implementasi pengajaran Paulus Tentang Sikap Hidup Anak Tuhan berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 bagi peserta didik di kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta. kedua, untuk mengetahui dimensi manakah yang paling dominan menentukan terimplementasinya Pengajaran Paulus Tentang Sikap Hidup Anak Tuhan bagi peserta didik kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta. Hipotesis Hipotesis dalam penelitian ini adalah :Pertama,Implementasi Pengajaran Paulus Tentang Sikap Hidup Anak Tuhan Berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 Bagi Peserta Didik kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta dalam kategori sedang.Kedua,dimensi yang paling dominan menentukan implementasi pengajaran Paulus tentang sikap hidup anak Tuhan berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 bagi peserta didik kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta adalah memiliki sikap hidup yang benar. Metodologi Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk menghasilkan data akurat pengujian data dilakukan dengan menggunakan SPSS 20 dan beberapa perhitungan yaitu analisis korelasi sedehana (ryd) dan uji signifikan regresi ( Freg). Hasil Penelitian Dari 23 jumlah responden yang diteliti dan dilakukan olahdata, diperoleh hasil sebagai berikut: pertama, menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima yaitu Implementasi pengajaran Paulus tentang sikap hidup anak Tuhan berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 bagi peserta didik kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta dengan jumlah lowerbound dan upperbound 171,3139-191,0339,berada pada kategori sedang.kedua, hasil uji coba terhadap hipotesis kedua adalah D1 (Membangun hubungan yang Baik) dengan nilai R Square 0,729 atau memiliki kontribusi sebesar 72,9%,D2 (Memiliki Sikap Hidup yang Benar) dengan nilai R Square 0,878 atau memiliki kontribusi sebesar 87,8%,D3 (Membangun Hubungan Baik) dengan nilai R Square 0,894 atau memiliki kontribusi sebesar 89,4%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyiD2 (Memiliki Sikap Hidup yang Benar ) dinyatakan ditolak. Akan tetapi dimensi yang paling dominan menentukan terimplementasinya pengajaran Paulus tentang sikap hidup anak Tuhan berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 bagi perserta didik kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta adalah D3 (Membangun Kerohanian yang Baik) dengan R Square 0,894 atau memiliki kontribusi sebesar 89,4%. Kesimpulan Berdasarkan hasil hipotesis pertama menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yakni tingkat kecenderungan implementasi pengajaran Paulus tentang Sikap Hidup Anak Tuhan Berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 bagi Peserta Didik SMP BOPKRI 5 Yogyakarta berada pada kategori “sedang”. Ketiga dimensi yang paling dominan menentukan terimplementasinya pengajaran Paulus tentang Sikap Hidup Anak Tuhan berdasarkan 1 Tesalonika 5:12-22 Bagi Peserta Didik kelas VII di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta adalah D3 (memabangun kerohanian yang baik).