Penerapan Algoritma Apriori untuk Market Basket Analysis

Main Author: FAHRUDIN, NUR FITRIANTI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Institut Teknologi Nasional, Bandung , 2019
Online Access: https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/mindjournal/article/view/3150
https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/mindjournal/article/view/3150/2018
Daftar Isi:
  • Pemanfaatan teknik data mining saat ini dapat membantu para pemilik bisnis untukmeningkatkan penjualan produk mereka. Salah satu teknik yang sangat dikenaladalah analisis asosiasi. Analisis asosiasi bertujuan untuk menemukan hubunganantara barang-barang yang dibeli oleh pelanggan. Analisis asosiasi semacam ini biasadikenal sebagai market basket analysis. Market basket analysis menggunakan datapelanggan yang selama ini disimpan didalam basis untuk menemukan informasi barudidalamnya. Algoritma Apriori merupakan algoritma untuk melakukan market basketanalisis, yang bertujuan untuk menemukan barang yang paling sering dibeli.Algoritma Apriori ini menghasilkan sebuah aturan asosiasi yang bermanfaat bagipelaku bisnis. Untuk memilih aturan asosasi yang paling kuat diperlukan perhitunganlift ratio. Dengan menghitung lift ratio dari setiap aturan asosiasi, dapat diketahuiaturan asosiasi yang valid dan paling kuat. Dengan melakukan analisis asosiasi,dapat diketahui bahwa data pelanggan dapat dimanfaatkan sebagai masukan kepadapemilik bisnis untuk menentukan strategi penjualan bagi bisnis mereka.