MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MAKE A MATCH BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI SEDERHANA
Main Authors: | M, Nila Ubaidah, Basir, Abdul - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Department of Mathematics Education, Universitas Kuningan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/452 https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/452/366 https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/452/367 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh make a match berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan trigonometri sederhana. Penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan observasi keaktifan siswa, hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa sebagai instrumen dalam pengumpulan data. hasil penelitian ini ditemukan bahwa penerapan langkah-langkah make a match berbantuan CD pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi persamaan trigonometri sederhana. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang dicapai oleh siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil yang dicapai yaitu 68, 40. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar yang dicapai yaitu 72,31. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 66,67% dan pada siklus II yaitu 86,67%. Rata-rata kinerja siswa pada siklus I sebesar 2,7 dan pada siklus II sebesar 3,2. Kinerja siswa, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran termasuk dalam kategori efektif, respon siswa terhadap pembelajaran adalah positip dan ketuntasan secara klasikal tercapai, maka efektif digunakan untuk mengajarkan materi persamaan trigonometri sederhana.
- AbstractThis study investigated teh effect of make a match method aided learning CD for students’ mathematical communication ability on the simple trigonometric equations. This study was designed with classroom action research design. This study using students activity observvations, test students’ mathematical communication ability as an istrument for data collection. The result of this study found that the implementation measures make a match aided learning CD in mathematics learning can help students understand the simple trigonometric equations. It can be seen on an average of mathematical communication ability test result achieved students. In the first cycle, the average result achieved at 68, 40. In the second cycle, the average learning outcomes achived is 72,31. The average of completeness of student learning outcomes in the classical style on the first cycle is 66,67% and teh second cycle is 86,67%. The average performance of students on the first cycle is 2,7 and on the second cycle is 3,2. The performnce of students, student activities in the learning process is included in effective category, the response of students towards learning is positive and in the classical completeness is achieved, then effectively be used to teach the materal simple trignometric equations.