PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

Main Authors: Ariany, Riva Lesta, Dahlan, Jarnawi Afgani, Dewanto, Stanley -
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Mathematics Education, Universitas Kuningan , 2017
Subjects:
MI
Online Access: https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/445
https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/445/358
Daftar Isi:
  • Abstrak Eksperimen kontrol grup pretes postes untuk mengetahui kemampuan penalaran dan disposisi matematis. Penelitian melibatkan 72 orang siswa kelas VII SMP di Ciamis. Penelitian menemukan bahwa siswa yang belajar menggunakan pembelajaran MI lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan penalaran. MI meningkatkan kemampuan penalaran siswa, peningkatannya lebih baik dari pada yang konvensional. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis pada siswa yang menggunakan MI berdasarkan kategori KAM. Penemuan lainnya adalah mengajar dengan MI lebih baik dari pada konvensional terhadap disposisi siswa. Kata Kunci : MI, Penalaran Matematis, Disposisi.
  • Abstract This Paper reports the finding from a pretest posttest experimental control group design to investigate students mathematical reasoning and disposition. The study involves 72 grade-7 students of junior high school in Ciamis. The study found that students taught by multiple intelligences teaching attained better grade than that of students taught by conventional on improvement mathematical reasoning. Multiple Intelligences teaching strategies improved students mathematical reasoning ability, it gain better than conventional teaching. There were difference between improvement mathematical reasoning ability of students taught by multiple intelligences based on categories of mathematical prior ability. Other findings, taught by multiple intelligences teaching attained better grade than that of students taught by conventional on disposition.