Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Main Author: Salim, Agus; Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyaha
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/3268
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/3268/2959
Daftar Isi:
  • Dalam perspektif filasafat pendidikan Islam kurikulum dibangun di atas dasar yang kuat dan kokoh, yaitu Alquran dan hadis. Dari dasar inilah manusia melalui jalan terang-benderang untuk menjalankan fungsinya sebagai khalifah dan memperoleh kehidupan yang hakiki di dunia dan akhirat melalui yang namanya pendidikan Islam. Oleh karena dasar kurikulum pendidikan Islam adalah wahyu maka orientasi pendidikan bukan hanya sebagai penguasa ilmu tetapi pengamal ilmu. Dengan demikian kurikulum didesain agar lahirnya manusia yang memiliki ilmu, karakter dan keterampilan (skill).