Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam
Main Author: | Salim, Agus; Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyaha |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/3268 http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/3268/2959 |
Daftar Isi:
- Dalam perspektif filasafat pendidikan Islam kurikulum dibangun di atas dasar yang kuat dan kokoh, yaitu Alquran dan hadis. Dari dasar inilah manusia melalui jalan terang-benderang untuk menjalankan fungsinya sebagai khalifah dan memperoleh kehidupan yang hakiki di dunia dan akhirat melalui yang namanya pendidikan Islam. Oleh karena dasar kurikulum pendidikan Islam adalah wahyu maka orientasi pendidikan bukan hanya sebagai penguasa ilmu tetapi pengamal ilmu. Dengan demikian kurikulum didesain agar lahirnya manusia yang memiliki ilmu, karakter dan keterampilan (skill).