Perbandingan Model Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Model Cooperative Learning Tipe Mind Mapping Menggunakan QAIT Terhadap Prestasi Belajar Matematika
Main Author: | mashuri, anwas |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
CV. Jendela Edukasi Indonesia
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/3 https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/3/4 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran coperative Learning STAD dengan Model Coperative Learning Mind Mapping menggunakan ”QAIT” terhadap prestasi belajar matematuka siswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan), dan untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Dari analisis data dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 1,8050 dan ttabel = 1,6736. Karena thitung lebih besar dar ttabel maka H1 yang menyatakan Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan cooperative learning tipe Mind Mapping menggunakan QAIT lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan cooperative learning tipe STAD, dapat diterima. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan cooperative learning tipe Mind Mapping menggunakan QAIT lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan cooperative learning tipe STAD.