Pengorganisasian Industri Media Islam: Regenerasi Industri Media Islam Menjadi Industri Media Syariah

Main Author: Retpitasari, Ellyda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Kerjasama Fakultas Dakwah IAI Tribakti Kediri dengan Asosiasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/1051
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/1051/683
Daftar Isi:
  • Tulisan ini membahas keberadaan media, khususnya media Islam sebagai media dakwah dan informasi bagi masyarakat Muslim di Indonesia. Berangkat dari fenomena empirik saat ini, masyarakat Indonesia dengan mayoritas muslim lebih memilih mengonsumsi media konvensional dibandingkan di media Islam. tulisan ini mengkritisi keberadaan media Islam yang seharusnya menjadi diversity of content, namun justru menjurus kepada content terkait radikalisme dan kurangnya manajemen yang baik. Tulisan ini menawarkan sebuah konsep baru dari industri media Islam dengan nama dan konsep yang berbeda yakni media syariah.  Media syariah dikonsepkan menjadi agen perubahan sosial melalui media, sehingga produk media tidak hanya berhenti di content, namun memberikan efek terhadap perubahan perilaku masyarakat (behavior) dan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan nilai-nilai keislaman dalam pengelolaan dan konten.