Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Pair Check
Main Authors: | Rahmadani, Risma, Jusniani, Nia, Muhammad, Guntur Maulana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Teknokrat Indonesia
, 2021
|
Online Access: |
https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/991 https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/991/633 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian dan instrumen non tes berupa skala sikap. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah menggunakan bantuan program software SPSS versi 24 dengan criteria uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa. Selain itu hasil skala sikap menunjukkan bahwa pada umumnya siswa bersikap positif terhadap model pembelajaran PairCheck.Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Pair Check.