ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANTOLOGI CERITA PENDEK "SAMPAN ZULAIHA" KARYA HASAN AL-BANNA

Main Authors: Ginting, Sri Dinanta Beru, Tamba, Ventari Dionesia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIP/article/view/1185
http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIP/article/view/1185/112
Daftar Isi:
  • ABSTRAK-Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna, serta relevansi nilai pendidikan karakter antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna, catatan lapangan hasil wawancara, dan silabus. Teknik cuplikan penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik validasi data adalah triangulasi teoretis dan triangulasi sumber. Analisis data penelitian ini meliputi tiga komponen, yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikansimpulan.Simpulan penelitian ini, nilai pendidikan karakternya adalah religius, kerja keras, kreatif, jujur, tanggung jawab, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta tanah air, toleransi, peduli sosial, demokratis, cinta damai, serta bersahabat dan komunikatif. Jumlah nilai pendidikan karakter adalah 84 data. Nilai-nilai tersebut digambarkan dari perlakuan tokoh dan perkataan tokoh. Nilai pendidikan karakter antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna memiliki relevansi dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, Sampan Zulaiha, Hasan Al-Banna