PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KONSUMEN RITEL MINIMARKET KOTA YOGYAKARTA

Main Author: Saputro, Ikhsan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Yogyakarta , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/25063
https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/25063/12141
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount dan store atmosphere terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel mediasi pada konsumen ritel minimarket kota Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen ritel minimarket di kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 180 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan offline yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Price Discount, dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Positive Emotion. (2) Positive Emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. (3) Price Discount, dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying. (4) Price Discount, dan Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai variabel mediasi.