Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Main Author: Sastia, Reta
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/1132
https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/1132/663
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP pada materi prisma. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pendekatan Realisik Matematika Education (RME) berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, hal ini disebabkan karena dalam penerapan model pembelajaran  tersebut  (1) Siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya sehingga siswa dapat lebih mudah memahami konsep dan tidak mudah lupa dengan pengetahuannya, (2) Siswa diberikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari mereka, (3) Kegiatan di dalam kelas pada saat proses belajar menarik dan juga menyenangkan oleh sebab itu siswa lebih cepat memahami konsep dan tidak cepat bosan untuk belajar matematika