Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Main Author: Rusmawati, Kintan Utari
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/1127
https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/1127/658
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui penggunaan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME)  terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan.  Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education  (RME) berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, hal ini dikarenakan : 1) pendekatan pembelajaran RME diimplementasikan dalam RPP dan bahan ajar LKS sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran sesuai prinsip dan karakteristik RME, 2) siswa diberikan kesempatan untuk merekonstruksi pengetahuan mereka sehingga memudahkan tercapainya pembelajaran sesuai dengan indikator pemahaman konsep